PENGAJIAN AKBAR KHAUL SUNAN POJOK BLORA

Pengajian akbar diselenggarakan di Pusat Kuliner Koplakan Blora diharapkan membawa berkah.

Rangkaian Khaul Sunan Pojok
BLORA, ME - Nama besar dan karomah Wali Allah Syech Abdurrohim atau Mbah Sunan Pojok, tidak pernah redup oleh kemajuan jaman, bahkan di era digitalisasi dan komputerisasi ini. Hal ini terbukti dengan hadirnya ribuan umat muslim dari dalam dan luar Kabupaten Blora. Untuk berziarah dan mengikuti pengajian akbar dalam rangka Peringatan Haul Sunan Pojok atau Syech Abdurrohim tahun 2019. Ketua Panitia Haul Sunan Pojok Blora, Drs. Suryanto, M.Si melaporkan seluruh rangkaian kegiatan tersebut di atas.

"Sebelum pengajian akbar digelar, telah dilaksanakan rangkaian kegiatan, yaitu pada Kamis (26/9/2019) dilaksanakan pembukaan dan penggantian kelambu makam Sunan Pojok pukul 20.00 WIB setelah selesai Khotmil Quran Bin Nadhor. Kemudian, Jumat (27/9/2019) Khotmil Quran Bil Ghoib mulai pukul 06.00 hingga 13.00 WIB di makam Sunan Pojok. Dilanjutkan Tahlil, Doa Khotmil Quran dan Tausiyah Umum, pukul 13.00 hingga 16.00 WIB dengan pembicara KH. Agus Said Ali dari Tuban, Jawa Timur," paparnya.

Puncaknya Pengajian Akbar
Selanjutnya puncak acara digelar Pengajian Akbar, Jumat (27/9/2019) pukul 20.00 WIB dengan pembicara KH Agus Ali Masyhuri dari Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur.
Menurutnya, pengajian akbar tahun ini diikuti dua kali lipat umat muslim dibandingkan pada tahun 2018 lalu.

“Ini dibuktikan dengan tempat yang disediakan tidak cukup, demikian halnya dengan malam ini, tempatnya juga penuh. Hal ini menunjukan bahwa warga masyarakat, semakin hari semakin gandrung dengan siraman rohani,” terangnya.

Wakil Ketua DPRD Blora, Mustopa,
menyampaikan pengesahan RUU Pesantren dari DPR RI
Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora atas dukungan, yang telah memberikan dorongan sehingga kegiatan tahunan ini berjalan dengan lancar. Usai laporan, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat Sunan Pojok atau Syech Abdurrohim oleh Pelaksana Tugas Kepala Kemenag Blora, HM Fatah. Kemudian, Wakil Ketua DPRD Blora Mustofa tampil memberi sambutan di hadapan ribuan umat muslim dan forkopimda serta forkopimca Blora.

Mustofa, atas nama DPRD Blora, menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya agenda tahunan sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh yang disegani di Blora, yakni Sunan Pojok.

“Apa yang diajarkan oleh Sunan Pojok diharapkan bisa menjadi pedoman bermasyarakat di Kabupaten Blora,” katanya. (tgh/me)




Posting Komentar

0 Komentar