IKLAN




 

Alhamdulillah, Total Realisasi ADD Rp. 37 Milyar Lebih Siap Cair

.                 Komang Gede Irawadi
     Sekretaris Daerah Kabupaten Blora

"Pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk ratusan Desa, setelah tahap pertama untuk 124 Desa, total mencapai Rp. 37 Milyar lebih dapat terealisasi sebelum cuti bersama,"

Slamet Pamudji, Kepala BPPKAD Blora 

Pencairan ADD
BLORA, ME - Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji merespon keresahan ratusan Kepala Desa dan Perangkatnya terkait lambatnya pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa, dengan mengirim pesan singkat kepada Monitor Ekonomi terkait proses pencairan ADD yang telah direalisasikan pada tahap 1 untuk 124 Desa, dan sisanya akan diselesaikan besok Jumat (5/4/2024).

Tahap yang pertama telah dicairkan sebesar Rp. 10,6 Milyar untuk 124 Desa di 8 Kecamatan, yang telah mengajukan permohonan pencairan dan dokumennya telah memenuhi persyaratan regulasi, pada tanggal 2 April 2024 yang lalu. Sedangkan sisanya akan diselesaikan paling lambat besok Jumat (5/4/2024), sebelum cuti bersama.

"Pada hari Selasa 2 april 2024, yang lalu sudah cair ADD tahap I, untuk 124 Desa di 8 Kecamatan sebesar 10,6 M. Untuk semua pengajuan SPM yang masuk di BPPKAD dan memenuhi persyaratan, Insya Allah, sisanya akan diselesaikan semua besok jumat, sebelum cuti bersama," ungkap Mumuk panggilan akrab Kepala BPPKAD Blora ini.

Untuk Persiapan Lebaran
Sebelumnya para Kades dan Perangkat yang belum terealisasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa, merasa resah dan gelisah, pasalnya uang tersebut akan digunakan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga dan handai taulannya masing - masing.

"Ini mau lebaran belum ada dana, bagaimana nanti Perangkat dan Lembaga Desa kami yang terus bertanya, terus terang bingung kami menjawabnya, semoga bisa dipercepatlah," ungkap Marsoni, Kades Kedungwungu, Kecamatan Todanan kepada Monitor Ekonomi, pada Rabu (3/4/2024) kemarin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi telah melaporkan data pencairan dana ADD untuk tahap kedua paling lambat adalah besok Jumat (5/4/2024) sehingga total pencairannya adalah sebesar Rp. 37,080 Milyar untuk 271 Desa.

"Sampai sore ini sudah tidak ada pengajuan ADD dari Dinas PMD,
semua pengajuan ADD sudah kami proses, dan terakhir terbit SP2D hari ini sebesar 2.740.567.401, Total realisasi ADD (termasuk siltap) sampai dengan hari ini sebesar Rp 37.080.112.324," paparnya. (Rome)



Posting Komentar

0 Komentar