IKLAN




 

Siswanto Minta Sekda Pimpin Koordinasi Percepatan Pencairan ADD Dan DD

.      Siswanto, Wakil Ketua DPRD Blora

"Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora dari Partai Golongan Karya meminta agar Sekretaris Daerah segera pimpin rapat koordinasi untuk percepatan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa"

Keresahan Kades dan Perangkat
BLORA, ME - Menyikapi keresahan ratusan Kepala Desa dan Perangkatnya, karena belum cairnya anggaran Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di Kabupaten BloraWakil Ketua DPRD Kabupaten Blora dari Partai Golkar, Siswanto turut ambil suara terkait lambatnya pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), terutama yang berkaitan dengan hak gaji dan honornya para Kepala Desa, Perangkat dan Lembaga Desa yang ada.

Pasalnya dana tersebut dibutuhkan untuk  untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang tinggal menghitung 2 hari masa kerja ini, sebelum cuti bersama, kepada Monitor Ekonomi, Siswanto mengaku heran terlambatnya pencairan dana tersebut, yang mestinya sudah bisa cair pada bulan Februari atau Maret yang lalu, hal itu diungkapkan saat ditemui di Kantornya Ruang Kerja Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, pada Kamis pagi (4/4/2024).

"Semestinya kan itu bisa cair pada bulan Februari atau Maret kemarin, terutama yang menjadi hak gaji dan honor dari para Kades, Perangkat dan Lembaga Desa, ini harus segera disikapi oleh Sekretaris Daerah, bersama OPD teknis pelaksananya, segera rapat hari ini, untuk mengambil keputusan strategis, dicari di mana kendalanya, apakah syarat - syarat pengajuan dan administrasinya sudah terpenuhi atau belum, biar bisa ditangani, mana - mana yang bisa ditoleransi, kasihan ini menyangkut hak mereka," ungkap Siswanto.

Akan Segera Dicek
Sementara itu, Sekretaris Daerah Komang Gede Irawadi saat ditemui Monitor Ekonomi di Kantornya juga mengaku terkejut, adanya keterlambatan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang dinanti oleh para Kepala Desa dan Perangkatnya. Dirinya merasa prihatin dan akan segera cek serta mencari informasi ke Badan Pengelola Pendapatan dan Keuangan Daerah (BPPKAD) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora.

"Saya akan segera cek dan berkoordinasi dengan BPPKAD dan Dinas PMD, mestinya ini bisa diprioritaskan pencairannya, mengingat akan digunakan untuk berlebaran ya, terutama yang ADD yang melalui BPPKAD kita sendiri," ujarnya.

Kepala Dinas PMD Yayuk Windarti juga mengirimkan pesan melalui WhatsApp kepada Monitor Ekonomi terkait upaya pencairan ADD dan DD, menurutnya jika syarat pengajuan sudah lengkap, dan cepat pasti pencairannya juga cepat. 

"Syarat lengkap sat set, pasti cepat, kalau bisa dipercepat, kita percepat sesuai regulasi" ungkapnya.

Saat kembali dikonfirmasi oleh Monitor Ekonomi terkait kecepatan pencairan tersebut, apakah bisa terlaksana dalam waktu dua hari ini, sebelum cuti bersama.

"Pasti cairnya kita tidak bisa memastikan, berusaha sebisa yang kita bisa, karena pencairan di KPPN Grobogan untuk DD terkait dengan sistem, kalau ADD di BPPKAD Blora," imbuhnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar