IKLAN




 

UPK Bertransformasi Jadi BUMDESMA LKD

Transformasi UPK menjadi BUMDESMA LKD

Blora-ME, Unit Pengelelola Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan kini telah bertransformasi menjadi Badan Usaha Milik Desa BERSAMA yang bergerak pada pengelolaan Keuangan. Kini, UPK Kecamatan Sambong beralih nama menjadi Badan Usaha Milik Desa BERSAMA UNGGUL BAROKAH Lembaga Keuangan Desa. Transformasi tersebut disahkan pada Musyawarah Antar Desa Pertanggung-jawaban BKAD Tahun Anggaran 2022 di pendopo Kecamatan Sambong, Selasa (31/01/2022). 

MAD dibuka oleh Camat Sambong Martono SSos MSi. Dalam sambutannya, Camat Sambong mengatakan, "Ada dua komponen yang dapat mempengaruhi maju mundurnya Badan Kerja Sama Antar Desa. Satu, konsistensi dan kreativitas BKAD sendiri. Sedangkan komponen kedua yaitu dukungan dari setiap Kepala Desa."

Dukungan Kepala Desa terhadap pelaksanaan program kerja BKAD serta UPK yang sekarang telah bertransformasi menjadi BUMDESMA UNGGUL BAROKAH LKD, sangat diperlukan. Selain dua komponen yang disebutkan, Camat Sambong Martono juga menghimbau Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa agar tidak kenal lelah mendampingi serta memantau kinerja BKAD.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Sunarno SSos MSi menyambut baik himbauan Camat Sambong Martono. Pihaknya juga menjelaskan, "Seperti yang termaktub pada Peraturan Menteri Desa, UPK yang sehat wajib bertransformasi menjadi BUMDESMA."

Sunarno juga memberikan apresiasi terbaik kepada seluruh Kepala Desa Kecamatan Sambong yang telah turut menyertakan modal di BUMDESMA UNGGUL BAROKAH LKD masing-masing sebesar 10 juta rupiah per desanya. Pihak Dinas PMD juga berpesan pada seluruh peserta MAD agar mencermati program kerja BUMDESMA UNGGUL BAROKAH LKD yang akan disampaikan pada MAD tersebut. 

logo BUMDESMA UNGGUL BAROKAH LKD

Pada rangkaian acara MAD tersebut, Direktur BUMDESMA UNGGUL BAROKAH LKD Ika Puspitarini menyampaikan Laporan Pertanggung-jawaban. Selain itu, disampaikan pula rencana program kerja BUMDESMA dengan mempertimbangkan segala potensi usaha yang mungkin dapat dikerjakan oleh BUMDESMA. 

"Terdapat delapan potensi usaha yang dapat dikerjakan oleh BUMDESMA UNGGUL BAROKAH LKD. Yaitu, menjadi Agen BRILINK, Kredit Barang atau Leasing, Pinjaman Perseorangan, Pengelolaan Bank Sampah, Agen Gas LPG, Agen Samsat Online, Pemasaran Hasil Pertanian serta Pengelolaan Desa Wisata," jelas Ika Puspitarini. 

Musyawarah Antar Desa berlangsung dengan tertib. Turut hadir dalam MAD, seluruh anggota BKAD Kecamatan Sambong, Badan pengawas UPK, Tim Verifikasi, Tim Pendanaan, Tim penyehatan, dab Delegasi Desa masing-masing 6 orang. (HI)

Posting Komentar

0 Komentar