IKLAN




 

Bupati Arief Minta Zakat Dioptimalkan Untuk Kesejahteraan Rakyat

Bupati Blora bersama Wakil Bupati serahkan bantuan sosial kepada warga usai giat Wartawan Menanam bersama PWI Blora, di Desa Jepangrejo

"Bupati Blora telah menerbitkan Surat Edaran untuk mengoptimalkan pemungutan zakat ASN, naik 100% dari tahun sebelumnya, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat"

Hadiri Giat HPN
BLORA, ME - Saat menghadiri kegiatan Wartawan Menanam, satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pers Nasional ke - 77 di Embung Glagahan, Desa Jepangrejo, Blora, Rabu (15/2/2023) kemarin, Bupati Blora Arief Rohman dalam pidato sambutannya menyampaikan telah menerbitkan surat edaran untuk mengoptimalkan pungutan zakat ASN yang beragama Islam, naik 100 % dari tahun sebelumnya yang hanya Rp. 700 juta per bulan.

"Saya telah terbitkan Surat Edaran untuk optimalkan pemungutan zakat ASN yang beragama Islam, agar bisa full 2,5% dari gaji dan tunjangan mereka setiap bulan, kalau tahun lalu hanya mencapai Rp 700 Juta saja, tahun ini bisa ditingkatkan menjadi setidaknya Rp. 1,4 Milyar per bulan, untuk optimalkan membantu masyarakat yang miskin," ungkapnya.

Baznas Blora juga untuk biayai kursus menyetir dan pijat dalam rangka peningkatan ketrampilan masyarakat tidak yang mampu di Blora

Belanja Pegawai Tinggi
Menurut Bupati Arief juga menyampaikan bahwa belanja pegawai yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Blora mencapai Rp. 900 Milyar, sangat memungkinkan untuk mengoptimalkan pemungutan zakat, yang pemanfaatannya juga kembali untuk masyarakat di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan pelatihan. 

Bupati juga meminta agar wartawan ikut aktif membantu BAZNAS Kabupaten Blora dalam pengawasan penyaluran bantuan tersebut, serta ikut memberitakannya terkait manfaat optimalisasi zakat tersebut, adalah untuk membantu masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Blora dalam program.pengentasan kemiskinan ekstern, serta sebagai bentuk transparansi penggunaan zakat," ujar Bupati Arief.

Media Harus Kawal
Sementara itu, Pengamat Sosial.dan Ekonomi Blora, R. Kurniadi mendukung upaya Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat dari ASN, yang nantinya akan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat mengakses bantuan sosial, modal usaha, pelayanan kesehatan pendidikan dan pelatihan ekonomi kreatif dan industri kecil.

"Peran BAZNAS sangat penting untuk menyalurkan dana yang sudah dipungut dari ASN muslim, bahkan ada juga saluran untuk yang non muslim, yang pada intinya digunakan untuk membantu warga miskin, lembaga resmi milik pemerintah ini sangat penting, karena semua pihak bisa mengajukan bantuan, terutama di wilayah Kabupaten Blora, sehingga bisa diverifikasi kebenarannya, kelayakan dan tepat sasaran bagi penerima manfaat zakat itu sendiri, jadi kalau dinaikkan tidak masalah, pada dasarnya semua orang baik dan dermawan ya," ungkapnya. 

Ketua Baznas Kabupaten Blora, Sutaat memastikan bahwa BAZNAS siap menerima dan menyalurkan zakat dari masyarakat, terbuka menerima usulan dan diverifikasi dan disurvey lapangan dengan cermat, serta dilaporkan dengan transparan kepada semua pihak, termasuk media. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar