IKLAN




 

Pelatihan Manajemen Organisasi LMDH Langgeng Jati

Pelatihan penguatan kelembagaan dan manajemen wirausaha kehutanan untuk Pengurus dan Anggota LMDH Langgeng Jati, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, Blora

Pelatihan LMDH Tanggel
BLORA, ME - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Langgeng Jati, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, selenggarakan Pelatihan Penguatan Kelembagaan bagi Pengurus dan Anggota yang dilaksanakan di Hotel Gran Mega  Cepu, pada Senin kemarin (11/7/2022).

Pelatihan yang diikuti oleh 25 peserta, itu dilaksanakan selama 2 hari, (11 - 12 Juli 2022). Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan keterampilan kepada Pengurus dan Anggota, agar lebih handal dan mempunyai kemampuan dalam mengelola organisasi, dan mempunyai jiwa kewirausaan yang tinggi.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan Perhutani Randublatung, Lukman Jayadi mewakili Administratur Perhutani Randublatung, dan dihadiri oleh Kepala Desa Tanggel, Sumaryanto dan para narasumber, diantaranya adalah Pakar Kewirausahaan Kehutanan, Yahya Amin, Motivator Organisasi, Ahmad S Ahid.

Pada kesempatan tersebut, Lukman Jayadi menyampaikan apresiasi kepada LMDH Langgeng Jati,  Desa Tanggel atas inisiatifnya melaksanakan pelatihan.

“Perhutani selaku pembina LMDH merasa bangga dan menyambut baik kepada LMDH Langgeng Jati, Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, atas pelaksanaan pelatihan ini, semoga hasil dari pelatihan ini, akan membawa LMDH lebih maju dan lebih mandiri" harap Lukman Jayadi.

Materi Manajemen Usaha
Adapun materi dalam pelatihan penguatan kelembagaan tersebut, meliputi Managemen Organisasi, Usaha produktif dalam kawasan hutan, Legalitas penggunaan kawasan hutan, Managemen koperasi, managemen Keuangan.yang disampaikan oleh para nara sumber dari Perhutani, Bank Jateng, Dinas Kehutanan Propinsi, dan disperindakop & UMKM serta pakar kewirausahaan.

Ketua LMDH Langgeng Jati, Sutamsu menyampaikan bahwa pelatihan ini, diselenggarakan agar para pengurus LMDH, mempunyai kemampuan dan bisa tertanam jiwa kewirausahaan yang tinggi, agar lembaga yang dikelola dapat lebih maju, dan mempunya usaha produktif yang bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa hutan.

“Pelatihan ini kita lakukan agar para anggota terutama pengurus LMDH Langen Jati desa Tanggel ini lebih handal dan mampu dalam menggelola organisasi  dan mempunyai jiwa kewirausaaan yang tinggi, sehingga bisa menciptakan usaha produktif yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat desa hutan“ ujar Sutamsu. 

Sementara itu Surati (42), salah satu pengurus, merasa senang bisa mengikuti pelatihan ini, dan berharap dengan adanya pelatihan ini bisa membawa anggota dan pengurus LMHD Langgeng Jati lebih mandiri.

“Saya merasa bangga dan senang bisa mengikuti pelatihan ini, . pengetahuan yang kami dapat dari pelatihan ini akan menjadikan bekal dalam mengelola dang mengembangkan organisasi” ujar Surati. (HMS/me)

Posting Komentar

0 Komentar