IKLAN




 

Forkompimda Blora Gelar Rakor Persiapan Lebaran


Bupati Arief Rohman pimpin langsung Rapat Koordinasi Persiapan Lebaran 

"Untuk kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Pemerintah Kabupaten Blora gelar Rapat Koordinasi Ekuinda di Ruang Pertemuan Setda Blora"

Rakor Persiapan Lebaran
BLORA, ME -  Bupati Blora H. Arief Rohman, pimpin langsung Rakor Ekuinda,  didampingi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Dandim 0721 Blora, Kapolres Blora dan Kepala Kejaksaan Negeri Blora, beserta Kepala OPD, Camat, dan jajaran TNI-Polri.

Dalam arahannya Bupati Blora menyampaikan, bahwa rakor tersebut untuk memastikan kesiapan pelayanan jajaran Pemkab Blora dalam menghadapi lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H, yang akan jatuh pada tanggal 2 - 3 Mei 2022.

“Kita ingin pastikan semuanya on the track, baik dari segi ekonomi, keamanan, maupun kesehatan. Agar masyarakat, dalam menyambut lebaran nanti dapat berkumpul bersama keluarga dengan aman dan nyaman,” jelasnya. 

Ia juga meminta kepada Camat untuk terus bersinergi di daerahnya, bersama dengan Forkopimcam dalam rangka mewujudkan kondusifitas dan kelancaran lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Berkaitan dengan teknis pengamanan, nanti dengan aparat Kecamatan untuk terus berkoordinasi, sehingga di masing-masing daerah bisa kondusif” pesan Bupati Arief. 

             Bupati Blora, Arief Rohman

Siapkan Produk UMKM
Untuk sektor pariwisata dan UMKM, Bupati Arief berpesan agar para pelaku usaha di sektor itu, dapat menyiapkan diri sebaik mungkin, untuk menyambut pemudik di Kabupaten Blora. 

“Kaitannya dengan pemudik, tentunya nanti untuk kuliner, bisa menyambut para pemudik ini, warung-warung ini jangan sampai harganya dinaikan tidak wajar,  tolong nanti diberikan himbauan khususnya kuliner-kuliner yang menjadi rujukan,” paparnya. 

“Para pelaku UMKM juga untuk nanti bisa produk-produknya menjadi oleh-oleh, sehingga kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,”  imbuhnya. 

Berkaitan dengan infrastruktur jalan, Bupati juga meminta kepada DPU PR untuk segera melakukan percepatan pelaksanaan penambalan jalan yang berlubang. Sehingga bisa digunakan untuk para pemudik. Pasalnya proyek pembangunan jalan belum semuanya bisa dilaksanakan, karena masih  dalam proses lelang.

“Untuk jalan-jalan yang ada, untuk ditambal dulu, juga untuk jalan Provinsi dikoordinasikan, harapannya agar juga bisa diperbaiki, sehingga para pemudik bisa lebih nyaman,” ungkap Bupati. 

Selanjutnya, Bupati juga meminta agar jajarannya untuk menyiapkan konsep kaitannya dengan pelayanan kepada masyarakat agar berjalan dengan baik di saat lebaran.

“Saya pengen nanti terkait pelayanan untuk disiapkan skenarionya, vaksin juga untuk terus kita tingkatkan,” pungkas Bupati. 

Pos Pengamanan Polri
Sementara itu, Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah, menyampaikan bahwa puncak arus mudik ini, diperkirakan pada tanggal 30 April dan tanggal 1 Mei. Dan jajarannya pun telah siap dalam menghadapi momen mudik lebaran tahun ini. Termasuk juga dengan menyiagakan pos pengamanan dan pelayanan di sejumlah titik strategis di Blora.

“Beberapa titik pos sudah kita siapkan, Operasi Ketupat Candi ini ada 12 hari mulai tanggal 28 s.d 9 Mei, tentu ini tidak akan bisa berjalan baik tanpa sinergitas dari seluruh elemen, lembaga pemerintah, baik itu Pemkab maupun TNI, Ormas, dan berbagai pihak lainnya,” tambahnya

Adapun dari paparan yang disampaikan setidaknya terdapat 5 pos yang akan disiagakan, diantaranya Pospam Ketapang Cepu, Pospam Ngampel Blora, Pospam Gagakan Kunduran, Pospam Wulung Randublatung, dan Pos Pelayanan Alun-Alun Blora.

Kapolres berharap agar momen mudik lebaran tahun ini, dapat berjalan lancar dan kondusif. Ia juga meminta jajarannya untuk aktif melakukan pengamanan dalam rangka menjaga kondusivitas lebaran di Kabupaten Blora.

“Insha Allah kalau sesuai dengan apa yang kita rencanakan, saya yakin wilayah jalur untuk mudik ini, aman dan lancar karena hampir setiap tahun, peningkatan kendaraan ini tidak terlalu signifikan khususnya di wilayah Blora,” pungkasnya

Pesan Damai TNI
Dandim 0721 Blora Letkol Inf. Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr. (Han), berharap momen lebaran Idul Fitri tahun ini dapat berlangsung kondusif, termasuk kaitannya dengan penentuan 1 Syawal nanti. 

Ia juga meminta jajarannya dan Forkopimcam untuk terus menjaga kondusivitas daerahnya. Pihaknya pun berharap agar dalam berbagai kesempatan pesan-pesan damai yang menyejukkan masyarakat dapat disampaikan.

“Menteri Agama memastikan khotib, dai, dan para penyuluh agama selama Bulan Ramadhan dan saat Idul Fitri agar menyampaikan pesan-pesan damai, bukan tentang permusuhan dan muatan politis,” ungkapnya. “Saya berharap agar di Blora ini agar tetap tenang dalam bulan puasa Ramadhan dan 1 Syawal Idul Fitri ini senantiasa kondusif” jelasnya. 

Kemudian, Dandim juga mengingatkan agar fasilitas kesehatan, yang ada di Kabupaten Blora untuk selalu disiagakan. Selain itu juga vaksinasi juga untuk terus didorong.

“Mengantisipasi arus mudik menuju ke Blora, tentu perlu untuk adanya kesiapan rumah sakit, khususnya rujukan untuk covid, juga dengan vaksin ini gerai-gerai vaksin, mohon dukungan dari Puskesmas dan Dinkes untuk membackup”, katanya. 

Sementara itu Kejari Blora Ichwan Effendi, SH, MH pada kesempatan tersebut juga mengingatkan agar dalam momen lebaran kali ini, agar ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat untuk menjadi perhatian.

“Dalam lebaran ini yang pasti dibutuhkan adalah ketersediaan bahan pokok, tentu saya berharap jangan sampai ada kekurangan,” paparnya. (TLP)


Posting Komentar

0 Komentar