IKLAN




 

Dinkes Siapkan Seluruh Faskes 24 Jam Untuk Pelayanan Lebaran

            Kadinkes Blora, Edi Widayat

"Jelang lebaran pelayanan kesehatan telah disiapkan selama 24 Jam untuk mengantisipasi lonjakan pemudik di Kabupaten Blora"

Pelayanan 24 Jam
BLORA, ME - Kepala Dinas Kesehatan Blora, Edy Widayat, mengungkapkan bahwa pada tanggal 19 April – 5 Mei Kabupaten Blora berada pada PPKM level 1. Edi Widayat pun merinci kesiapan pelayanan kesehatan dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ini. 

Rumah Sakit dan Puskesmas yang ada di Blora akan disiapkan untuk pelayanan selama 24 Jam, termasuk juga layanan darurat 119. Berdasarkan data per (18/4) tersedia sebanyak 298 tempat tidur kosong untuk isolasi Covid-19.

“Menjelang hari raya Idul Fitri, pelayanan kami siapkan di 6 rumah sakit maupun di 26 puskesmas yang ada, kita juga menyiapkan pelayanan kesehatan 24 jam, menjamin ketersediaan tempat tidur, ketersediaan obat, dan alat kesehatan yang ada di rumah sakit,” jelasnya. 

“Kami juga menyediakan ambulan 119 yang online 24 jam di Dinas Kesehatan yang sudah terhubung dengan Satlantas Blora,” tambahnya. 

Pemudik harus telah divaksin booster menjadi syarat untuk pulang kampung

Capaian Dosis 3 Minim
Sementara itu Kadinkes Blora juga melaporkan capaian vaksinasi, bahwa dosis ke 3  atau Booster di Blora, perlu untuk terus didorong agar semakin meningkat. Dirinya pun memaparkan data capaian vaksinasi covid-19 hingga 18 April 2022.

“Capaian vaksin masih menjadi perhatian kami, vaksin dosis 1 baru 91,31%, selanjutnya dosis 2  sebanyak 77 %, dan dosis 3, masih sangat minim, baru tercapai sebanyak 9,75 %, dan per hari ini (19/4) sebanyak 12,3 % dosis tiga, ada sedikit peningkatan,” imbuhnya

“Kebijakan mobilitas perjalanan dalam negeri sesuai Surat Edaran Satgas No 16 Tahun 2022, kalau vaksin sudah dosis tiga tidak perlu untuk dilakukan testing,” ujarnya.

Edy juga mengungkapkan bahwa Dinas Kesehatan juga akan menyiapkan Pos Pemeriksaan Kesehatan yang nantinya akan ditempatkan berdampingan dengan Pospam Polres Blora. 

“Kami rencanakan ada 5 posko sesuai dengan yang disiapkan Polres, dengan  berdampingan, pos pemeriksaan kesehatan kami, untuk pemeriksaan kesehatan pemudik, ada pelayanan obat-obatan, ambulan, dan rujukan gawat darurat,” pungkasnya. (TLP)

Posting Komentar

0 Komentar