IKLAN




 

Pemkab Blora Siapkan Tempat Isolasi Terpusat Di Tiga Lokasi

BPBD Blora siapkan tiga lokasi untuk tempat isolasi terpusat di Blora dan Cepu

Siapkan Tempat Isolasi
Blora, ME - Untuk mengantisipasi ledakan penularan Covid 19, yang dalam sebulan terakhir terus meningkat kasusnya, Pemerintah Kabupaten Blora menyiapkan 3 lokasi sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid -19. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora, Hadi Praseno mengatakan, ketiga tempat tersebut adalah Asrama Poltekkes Blora, Asrama Widya Patra dan Wisma 5 milik Pem Akamigas dan PPSDM Cepu. 

"Yang Cepu sudah siap menerima pasien OTG (Orang Tanpa Gejala) kalau yang di Blora masih pembenahan ruangan antara putra putri dan anak harus dipisah artinya harus ada penyekat. Kemudian dibuat akses melalui Rumah Sakit lewat belakang itu baru kita siapkan hari ini," kata Hadi melalui saluran telepon, Selasa (15/6). 

Tampung Ratusan Pasien
Ketiga tempat tersebut, dijelaskan Hadi diperkirakan mampu menampung ratusan pasien OTG. Hadi menjelaskan, secara teknis penerapan pelaksaan isolasi mandiri terpusat tingkat Kabupaten  berada di Puskesmas setempat. 

"Poltekkes 80 pasien, di Cepu 32 sama 24. Jadi total ada 136 yang mampu ditampung," ungkapnya. "Teknik operasional dari Puskesmas mau dijemput atau difasilitasi oleh Puskesmas. Kami hanya menerima saja." imbuhnya.

Pada intinya kalau PPKM Mikro isolasi dipusatkan di Desa yang OTG. Tapi kalau kondisi rumah tidak memungkinkan bisa di Kecamatan dan Kabupaten. 

"Prinsipnya mereka diberitahu nyamannya dimana, Karena kalau misalnya dia tidak nyaman di Kecamatan atau Kabupaten justru beresiko nanti," tandanya. 

Selain menyiapkan 3 isolasi terpusat tingkat Kabupaten, Hadi mengaku juga menyiapkan 14 tempat isolasi terpusat tingkat Kecamatan. 
"Kecamatan sudah siap, ada 14 Kecamatan. Untuk tempatnya itu masing-masing Kecamatan yang menentukan," pungkasnya. (Meg/me)

Posting Komentar

0 Komentar