Kutip Kaidah Fiqih Dan Hadits Rasullullah Ingatkan Tugas Pemimpin

 


"Hari pertama kerja, Bupati dan Wakil Bupati Blora baru pimpin Rapat Koordinasi dengan seluruh Jajaran Eksekutif Setda, Pimpinan OPD, dan Camat, Bupati meminta untuk kerja keras dan ikhlas layani masyarakat"

Pimpin Rakor Pertama

BLORA, ME - Bupati Blora, Arief Rohman didampingi Wakilnya, Tri Yuli Setyowati untuk pertama kalinya memimpin rapat koordinasi bersama jajaran eksekutif Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai dari Sekretaris Daerah, Asisten Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, dan Staf Khusus Bupati. Arief Rohman menekankan pentingnya membangun Blora bersama-sama sesuai dengan visinya “Sesarengan Mbangun Blora”. Rakor ini diselenggarakan di Ruang pertemuan Setda Blora, pada hari ini, Senin (1/3/2021).

Bupati Arief dalam pidato pengarahannya mengungkapkan terkait kondisi ekonomi, yang  menurun, dan meningkatnya angka kemiskinan, akibat dari dampak pandemi Covid-19.

"Padahal sebelumnya tiap tahun selalu menurun, dari sebelumnya 13%, setiap tahun menurun, hingga pada tahun 2019, angka kemiskinan kita ada di angka 11,32 %, namun karena terdampak Covid,  di tahun 2020 naik menjadi 11.96%, dan peringkat kita menjadi urutan 23, dari 21, Oleh karena itu, kita perlu fokus untuk meningkatkan kembali angka pertumbuhan ekonomi ini,” ungkap Arief Rohman.

Pertumbuhan Ekonomi Minus

Akibat lain dari pandemik Covid, selain angka kemiskinan yang naik, adalah pertumbuhan ekonomi yang minus. Oleh karena itu, Bupati Arief meminta agar seluruh stakeholder, jajaran Eksekutif, Pimpinan OPD, Staf Khusus, dan Camat bekerja keras, untuk memulihkan kondisi perekonomian, seiring dengan program vaksinasi serentak.

“Bila di tahun 2019, pertumbuhan ekonomi kita ada di angka 4.05 %, tahun 2020, lagi-lagi karena Covid-19, pertumbuhan ekonomi kita turun menjadi -1%, untuk itu, mari bersama - sama, kita sebagai Pemimpin Blora, bisa bekerja dengan keras, dan saya akan tempatkan orang - orang yang sesuai dengan keahlian dan kompetensinya, untuk percepatan pemulihan ekonomi masyarakat," terangnya.

Kutip Kaidah Fiqiyah Dan Hadits

Pada kesempatan ini, Bupati yang berasal dari Santri dan Tokoh Muda Nahdlatul Ulama ini, mengutip Kaidah Fiqiyah dan Hadits Nabi Besar Muhammad SAW, yang berbunyi :

 "Tashamuhul Imam 'ala al ra'iyyati manuntun bi al maslahah" 

Kebijakan seorang pemimpin sejatinya diperuntukkan untuk kemaslahatan umat atau rakyat yang dipimpinnya.

Kemudian juga mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : 

"Kulukum ra'in wa kulukum mas'alum 'an ra'iyyatihi"

"Setiap kamu adalah Pemimpin, dan setiap kamu bertanggungjawab atas kepemimpinanmu"

"Khorunnas anfa'uhum linnas"

"Sebaik - baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"

“Oleh karena itu, saya minta kepada seluruh, jajaran Eksekutif, Kepala OPD,  dan Camat untuk bekerja maksimal dengan ikhlas mewujudkan visi misi kita bersama,” ajak Bupati Arief. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar