IKLAN




 

Dua Kecamatan Dapat Dana PISEW Kementerian PUPR

Tim Pelaksana Provinsi dari BPPW Prop. Jateng paparkan program bantuan PISEW di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken

"Dua Kecamatan Di Blora untuk pertama kali mendapatkan bantuan program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) dari Kementerian PUPR"

Sosialisasi Program PISEW

BLORA, ME - Bertempat di Balai Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken, Jumat kemarin (26/3/2021) Tim Pelaksana Provinsi dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah I (BPPW) Provinsi Jawa Tengah, Khoirul Kamal menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Pertemuan Kecamatan 1, yang dihadiri oleh Camat Jiken, Kasie Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan, Permukiman Dan Perhubungan Kabupaten Blora, Badan Kerjasama Antar Desa, yaitu para Kepala Desa dari Desa Singonegoro, Jiworejo dan Ketringan.

"Pertemuan Kecamatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi terkait program percepatan pemulihan ekonomi dan sosial dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, yang mana akibat dari dampak pandemik Covid 19 ini, banyak terjadi pemutusan hubungan kerja dan pengangguran, oleh karena itu Pemerintah Pusat ingin memberikan bantuan melalui program pembangunan kawasan perdesaan, yang diberi nama Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah atau disingkat PISEW, dan Blora adalah ini baru pertama kali mendapatkan, sejak tahun 2016 PISEW dicanangkan," paparnya.

Bukan Dana Desa

Sementara itu, Camat Jiken, Catur Pambudi dalam pidato pengarahannya kepada para tokoh masyarakat Desa menyampaikan, bahwa program PISEW, bukan berasal dari Dana Desa, atau Kementerian Desa PDTT, sehingga tidak dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang biasanya melaksanakan anggaran Dana Desa.

"Program PISEW ini adalah anggaran dari Kementerian PUPR langsung yang tujuannya adalah untuk percepatan pertumbuhan ekonomi dan sosial kawasan perdesaan, jadi ini bukan Dana Desa atau ADD, jadi pelaksananya bukan TPK Desa, melainkan tim dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), yang koordinasinya langsung dari Camat Jiken, dan Camat Bogorejo, masing - masing tiga Desa, jadi ada 6 Desa yang dapat program ini (PISEW red)" ungkapnya.

Anggaran Rp. 600 Juta

Ketua Badan Kerjasama Antar Desa, Kasmiran menyambut baik bantuan sebesar Rp. 600 Juta untuk pembangunan infrastruktur jalan di tiga Desa, yaitu Desa Jiworejo, Singonegoro dan Ketringan, yang kesemuanya berada di Kecamatan Jiken. Kecamatan lain yang mendapatkan bantuan yang sama adalah Kecamatan Bogorejo, yaitu di Desa Gombang, Karang dan Karanganyar, dengan jumlah yang sama.

"Bantuan Pisew nanti akan kami pakai untuk membangun jalan paving di masing - masing Desa, untuk menunjang kegiatan pertanian di Jiworejo, Ketringan dan rintisan pariwisata Bukit Serut di Desa Singonegoro, yang kesemuanya telah diajukan dalam musrenbangdes dan Musrenbangcam, kami siap melaksanakan dengan sebaik - baiknya secara padat karya," ujar Kepala Desa Jiworejo ini. (Rome)



Posting Komentar

0 Komentar