IKLAN




 

PSU TPS Kapuan, Menangkan Pasangan 02

Pemungutan suara ulang di TPS 2 Desa Kapuan Cepu, diduga karena ada pelanggaran oleh anggota KPPS

Pemungutan Suara Ulang

BLORA, ME - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Desa Kapuan Kecamatan Cepu. PSU digelar atas rekomendasi Bawaslu karena disinyalir terjadi kecurangan saat pemungutan suara pada 9 Desember lalu. 

"Hari ini kita gelar PSU atas rekomendasi Bawaslu.  Di TPS 2 Kecamatan Cepu," kata Khamdun, Ketua KPU Blora, Minggu (13/12). 

Khamdun menjelaskan, digelarnya PSU disebabkan adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) setempat. 

"Ada dua anggota KPPS yang mencoblos surat suara yang bukan miliknya. Jadi surat suara itu milik orang lain yang tidak mencoblos, lalu mereka memalsukan tanda tangan untuk digunakan mencoblos," papar Khamdun. 

Anggota KPPS Dinonaktifkan

Saat ini kedua anggota KPPS tersebut, menurut Khamdun telah dinonaktifkan sementara. Keduanya terancam sanksi administrasi dari KPU. 

"Itu kan masuknya sanksi administrasi ya. Jadi mereka kita nonaktifkan dan tidak boleh terlibat PSU ini. Kalau nanti pelanggaran itu ada unsur kesengajaan keduanya tidak akan bisa diterima dalam pelaksanaan pemilu apapun," jelasnya. 

Lebih lanjut, dirinya menambahkan PSU hari ini digelar seperti pemungutan pertama pada 9 Desember lalu. Seluruh warga yang memiliki hak pilih diundang untuk kembali melakukan pencoblosan. 

"Jadi perlakuannya sama dengan pemungutan yang awal. Semua warga kita undang. Ada 415 yang punya hak pilih," pungkasnya.

Pasangan Artys Unggul

Dan hasilnya dalam Pemungutan Suara Ulang tersebut, pasangan Arief Rohman - Tri Yuli Setyowati unggul telak dengan meraih  268 suara, sementara pasangan Umi Kulsum - Agus Sugiyanto, 16 suara, dan Pasangan Dwi Astutiningsih - Riza Yudha hanya mendapatkan 8 suara, dari 300 pemilih yang hadir untuk memberikan suaranya.

Sementara itu, disaat yang sama Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan, SIK bersama Dandim 0721/Blora, Letkol Ali Mahmudi, SE , MM, bersama jajarannya turut memantau dan mengamankan langsung jalannya PSU di TPS 2, Desa Kapuan, Cepu. (Meg/me)

Posting Komentar

0 Komentar