IKLAN




 

Pengkoljagong Siap Bangun Ketahanan Pangan

Kades Pengkoljagong, Sugiyono menginisiasi penanaman bibit buah nangka untuk membangun ketahanan pangan dan industri pengolahan pangan sekaligus penghijauan jalan Desa

Tanam Bibit Nangka

BLORA, ME - Desa Pengkoljagong selama ini giat melakukan pembibitan dan penanaman bibit buah Nangka, hal ini di lakukan untuk penghijauan kawasan jalur sepanjang jalan pedukuhan, selain sebagai fungsi untuk peneduh. 

Nantinya juga diharapkan mampu menjadi tanaman produksi untuk pemberdayaan industri ekomi kreatif, seperti Kripik Nangka, Gudeg Kemasan Kalengan, Kue dengan aneka rasa olahan buah nangka dan sebagainya.

Selain itu juga dibudidayakan tanaman keras lain yang lebih dominan selain Jati, juga tanaman buah sebagai pendukung perkebunan, diantara jambu, mangga, serta Alpukat. 

Sesuai dengan tipikal topografi alam wilayah Kabupaten Blora terdiri atas dataran rendah dan perbukitan pegunungan, lembah dengan  kemiringan antara 0% hingga >40% dan ketinggian antara 25-50 meter dpl, serta susunan tanah yang memiliki komposisi batu gamping (Dolomit), Tanah Alluvial, Tanah Grumosol dan tanah Mediteran.

Mandiri Ketahanan Pangan

Kepala Desa Pengkoljagong, Sugiyono S.Pd berusaha membuat inovasi desanya, agar lebih mandiri di bidang ketahanan pangan, selain nantinya, kedepan juga akan mengembangkan sektor wisata.

"Dengan membuat konsep Destinasi wisata terpadu di desanya, yaitu Pariwisata, Edukasi di tengah - tengahnya ada industri perekonomian yang berbasis dari olahan pangan pertanian dan perkebunan." papar Kades yang baru saja sukses melaksanakan Pengkoljagong Mural Art Festival.

Hal senada juga di benarkan oleh Kamituwo (Kadus) Jagong, Rofan Mualim yang giat turut mendukung mendistribusikan bibit tanaman buah yang dikemas dalam pot polyback sebelum di pindah ke kebun.  

"Target pembibitan nanti dibuat sebanyak 30.000 buah, kini baru proges mencapai 50% nya, artinya sudah terlampaui separonya dari rencana target progam pembibitan" paparnya. 

Penanaman bibit dan penghijauan juga melibatkan seluruh komponen masyarakat, selain itu juga turut serta pihak perwakilan dari Aparatur Desa, Babinsa, Polsek maupun Koramil setempat. 

"Kebersamaan ini tentunya sebagai wujud program kepedulian bersama tentang pemberdayaan program kemajuan desa Pengkoljagong, agar dapat menjadi percontohan, serta dapat menginspirasi desa - desa yang lain untuk mengikuti kemajuannya" pungkas Kades. (HMS/me)

Posting Komentar

0 Komentar