IKLAN




 

Cegah Covid 20.752 Penyelenggara Pilkada Di Rapid Test

KPUD Kabupaten Blora selenggarakan sosialisasi terkait tahapan Pilkada yang Damai, Aman dan Sehat dengan protokol kesehatan ketat

"Untuk wujudkan Pilkada Serentak 2020 agar berjalan dengan aman dan sehat, Protokol Kesehatan pencegahan Covid dilaksanakan, seluruh penyelenggaranya di tiap TPS harus jalani rapid test, dan gunakan APD Level 1"

20.752 Penyelenggara 

BLORA, ME - Dalam rapat sosialisasi menuju Pilkada Damai, Aman dan Sehat, dijelaskan  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Blora akan menggelar tes Covid -19 bagi seluruh penyelenggara. Jumlahnya mencapai 20.752 orang, terdiri dari Komisioner KPU, PPK, PPS, KPPS, dan Petugas Trantib. 

Komisioner KPUD Blora Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Syaiful Amri menjelaskan, tes Covid -19 bagi seluruh penyelenggara rencananya akan mulai dilakukan pada tanggal 7 November ini. 

"Ini salah satu bentuk kesiapan kami kalau kami siap menggelar Pilkada aman dan bebas dari persebaran Covid -19," kata Amri, Sabtu (7/11). 

Siap Dengan Konsekwensi

Amri pun mengakui adanya konswekensi yang harus dihadapi dengan di gelarnya tes Covid -19 bagi seluruh penyelenggara pemilu. 

"Jelas konswekensinya nanti pasti ada yang reaktif dan non reaktif. Tapi mudah-mudahan tidak banyak," ucapnya. 

Tes Covid sendiri dijelaskan oleh Amri dilaksanakan di masing-masing Puskesmas di seluruh Kecamatan. 

"Untuk lokasi nanti tinggal kesanggupan masing-masing Puskesmas. Ada juga nanti yang di Bidan Desa, Balai Desa dan tempat yang telah ditentukan petugas kesehatan," paparnya. 

Pemilih Berkurang 

Lebih lanjut, Amri menyampaikan bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pilkada 2020 ini jumlahnya berkurang sebanyak 6000 pemilih dibandingkan pada pilkada 2019. Menurutnya, banyak faktor yang menyebabkan turunnya jumlah DPT pada tahun ini.

“Pada pemilu 2019 jumlah DPT 706.940 orang, pada pilkada ini berkurang menjadi 700.995 pemilih atau berkurang sekitar 6 ribu dibanding 2019. Sedangkan DPT sudah kita umumkan di masing-masing balai desa dan tempat strategis lainnya,” jelasnya.(Rome)

Posting Komentar

0 Komentar