Orang Asing Harus Lapor Kantor Desa

Rapat sosialisasi pencegahan penularan virus Corona di Desa Tambaksari, Kecamatan Tunjungan

"Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Pemerintah Desa Sitirejo, Kecamatan Ttunjungan  akan membuat Surat Edaran ke seluruh Ketua RT dan RW, isinya adalah meminta tamu dari luar kota untuk melapor ke Desa dan periksa kesehatan di Puskesmas terdekat"

Rapat Koordinasi Desa
BLORA, ME - Pemerintah Desa Sitirejo, Kecamatan Tunjungan, didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa setempat, serta Bidan dari Puskesmas Tunjungan, menggelar rapat koordinasi dan sekaligus sosialisasi dengan para  Ketua RT/RW, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakatnya. Di Pendopo Desa Sitirejo, pada Kamis (26/3/2020).

"Hari ini, kami menggelar rapat koordinasi sekaligus sosialisasi, kepada para Ketua RT dan RW, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama, untuk membahas upaya pencegahan virus Corona, ini sudah sangat mendesak dan penting sekali untuk disampaikan ke warga," ungkap Musdalifah, Kades Sitirejo, kepada Monitor Ekonomi usai rapat.

Buat Surat Edaran
Dalam rapat telah disepakati beberapa poin, untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Desa bersama Perangkat, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat dan Agama Desa.

"Kami akan membuat Surat Edaran ke Warga, yang intinya adalah langkah - langkah pencegahan, yaitu pemberlakuan jaga jarak, pembatalan kegiatan kerumunan warga, agar mau diam di rumah, peningkatan pola hidup bersih, akan diberikan tempat cuci tangan dan sabunnya, di tempat umum yang strategis, dan wajib lapor dan cek kesehatan bagi tamu dari luar kota, terutama yang berasal dari daerah pandemik Corona" paparnya kembali.

Sholat Jumat Tetap
Sementara itu, menurut Tokoh Agama setempat, Shodiq Abdul Hati, mengungkapkan terkait pelaksanaan ibadah Sholat Jumat di Masjid.

"Untuk sholat Jumat masih bisa dilaksanakan, namun tetao sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak aman, diperiksa suhu tubuh, terserah warga, mau sholat dhuhur di rumah juga nggak papa, sudah ada fatwa dari MUI dan Organisasi Islam terbesar sepanjang Dunia, yaitu Nahdhlatul Ulama, kita tinggal mengikuti, untuk pengajian, TPQ, Madrasah diliburkan sampai batas waktu yang tak dapat ditentukan, kewajiban umat muslim adalah taat pada perintah, Perintah Allah SWT, Perintah Ulama dan Perintah Negara!" tandas mantan Anggota DPRD Blora dari Partai Persatuan Pembangunan itu.

Maklumat Kapolri
Dalam setiap sosialisasi cegah penularan virus Corona, aparat TNI - Polri terus bersinergi, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas bahu membahu mendukung dan mengamankan kebijakan pemerintah, termasuk Maklumat dari Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis, dan Perintah Panglima TNI, Jenderal TNI Hadi Cahyanto, untuk menyelamatkan bangsa dan negara dari wabah virus Corona.

"Kami minta masyarakat mentaati maklumat dari Kapolri, bila tidak ingin mendapatkan hukuman, sesuai dengan peraturan yang berlaku, demi keselamatan warga dan masyarakat itu sendiri," ungkap Bripka Hengki F, Bhabinkamtibmas Desa Sitirejo.

Sementara itu, tidak ketinggalan tegasnya, Babinsa Desa Sitirejo, Sersan Mayor, Dwi Margiyono yang siap mengawal kebijakan dari Kepolisian dan Pemerintah Daerah, termasuk Desa.

"TNI siap mengawal kebijakan dari Maklumat Kapolri dan Pemerintah Daerah, demi kepentingan Bangsa dan Negara kita," tandasnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar