IKLAN




 

Spirit Religius Di Hari Jadi Blora Ke -,270

Pemkab Blora gelar kegiatan siraman rohani dan religi melalui Dzikir Akbar dan Sinau Bareng Cak Nun bersama Kyai Kanjeng satu hari satu malam untuk Peringatan Hari Jadi Blora ke - 270 Tahun (Foto: Istimewa)

"Demi meningkatkan semangat religius warga Blora, Pemerintah Kabupaten Blora gelar "Dzikir Akbar dan Sinau Bareng Cak Nun plus Kyai Kanjengnya, satu hari satu malam penuh, pada Minggu (8/12/2019). Harapannya adalah meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa, serta menangkal ujaran kebencian, radikalisme dan sikap intoleran diantara sesama pemeluk agama"

Gema Dzikir Akbar
BLORA, ME- Ribuan umat Muslim yang datang dari seluruh Kabupaten Blora, memenuhi Alon - Alon Kabupaten Blora, sejak pukul 08.00 WIB, untuk mengikuti Dzikir Akbar, kegiatan religi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Blora, sebagai rangkaian untuk Peringatan Hari Jadi Blora ke - 270 tahun, yang kali ini mengambil thema, "Spirit of Indonesia".
Bupati Blora, H. Djoko Nugroho dalam sambutannya, di depan Majelis Dzikir Akbar, mengajak umat Islam untuk mendukung program Pemerintah Pusat, dan menjaga persatuan kesatuan dengan mengambil peran yang baik bagi agama, bangsa dan negara.
“Majelis ini dilaksanakan karena kita bersyukur, berdoa kepada leluhur dan orang tua. Kita berdoa bersama semoga tentram, damai dan bahagia serta barokah. Sebab orang yang bahagia itu biasanya sukses dalam bekerja,” kata Bupati Blora.

Bupati Blora, H. Djoko Nugroho bersama Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, MSi ikuti dengan khusu' jalannya Dzikir Akbar untuk Peringatan Hari Jadi Blora ke 270 di Alon - Alon Blora ( Foto: istimewa)
Spirit Of Indonesia
Adapun thema Peringatan Hari Jadi Blora Ke - 270, yang diangkat adalah Blora The Spirit Of Indonesia.
“Spirit yang dimaksud adalah memberi dukungan kepada pemerintah pusat. Saya minta umat Islam mengambil peran yang baik dalam persatuan dan kesatuan,” jelasnya.
Umat Islam, kata Bupati, diminta tidak mudah terpancing dengan adanya informasi yang salah.
“Umat Islam jangan mau diadu domba. Jangan mudah menerima informasi yang salah,” tegasnya.
Bupati juga menyampaikan di hadapan ribuan umat muslim, bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai, dan Kabupaten Blora akan menggelar Pilkada pada Rabu, 23 September 2020.
“Mari sukseskan Pilkada dengan baik,” katanya.
Berkaitan dengan acara, menurut Bupati, diminta agar didengarkan ilmu dan teori yang disampaikan oleh Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaf dari Tegal dan Ketua Pusat jamaah Al-Khidmah Joko Suyono.

Dekatkan Pada Allah SWT
Sementara itu Ketua Pusat jamaah Al-Khidmah Joko Suyono mewakili Ormas Islam dalam sambutannya antara lain menyampaikan dengan hadirnya bersama di majelis doa ini semoga mendapatkan berkah Allah.
“Melalui majelis ini, kita diajak kumpul, diajak istiqomah berzikir bersama,” katanya.
Selain itu dalam majelis ini juga mempererat silaturahmi, bertemu dengan Habib dan Kiai agar terbimbing.
“Hari ini, acara yang sama juga dilaksankan di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Makasar. Kemudian juga di Semarang. Sering-sering berkumpul dalam mejelis ini akan mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan pengampunan,” ujarnya.
Seperti diketahui, ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majelis Zikir dan Haul Akbar Blora 2019. Dengan mengenakan pakaian muslim berdominasi warna putih, para peserta duduk dengan rapi dibawah tenda yang dipasang berjajar luas di Alun-alun Blora. Peserta zikir akbar dipisah antara shof pria dan perempuan.

Yasin, Tahlil Dan Manakib
Sementara di seputar Alun-Alun dan jalan raya di sekelilingnya, penuh dengan warga dan pedagang mainan, minuman dan makanan dengan penjagaan dari petugas Sat Pol PP, Banser dan Polres Blora. Acara diawali dengan kegiatan istighosah, membaca surat Yasin, manakib dan tahlil bersama. Lantunan ayat suci dari ribuan jamaah membuat suasana makin relegius. Bupati Blora H.Djoko Nugroho beserta Wakil Bupati H. Arief Rohman mengikuti zikir dengan khusu' didampingi Dandim 0721/Blora, Letkol. Inf. Ali Mahmudi, SE, Kapolres Blora, yang diwakili oleh Kapolsekta Blora, AKP Agus Budiyana, SH dan Forkompimda Blora, Forkopimca, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Anggota DPRD, sesepuh dan tokoh ulama muslim. Sebagai acara inti disampaikan mauidhoh hasanah (nasehat yang baik) oleh Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaf dari Tegal. Hingga akhir, acara berlangsung dengan lancar dan khidmat, serta seakan mendapatkan berkah-NYA, kota Blora pun diguyur hujan cukup deras, dan berhenti tepat, satu jam sebelum kegiatan Sinau Bareng Cak Nun dan Kyai Kanjeng berlangsung di Lapangan Kridosono Blora. (Rome/guh)
Malamnya dilanjutkan Sinau Bareng Cak Nun dan Kyai Kanjeng di Lapangan Kridosono, Karangjati, Blora Kota (Foto: Pippo)

Posting Komentar

0 Komentar