IKLAN




 

Kelompok Peternak Palon Bakal Digelontor Modal Rp. 2,5 Miliar

Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, MSi meninjau hasil penggemukan sapi potong yang dikerjasamakan antara BUMN dan Klomtan Desa Palon (Foto: istimewa)

Pelatihan Agribisnis Sapi
BLORA, ME- Kelompok Tani Desa Palon, Kecamatan Jepon, direncanakan akan menerima bantuan modal sebesar Rp. 2,5 Milyar dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, yang saat ini dijadikan sebagai desa percontohan ternak sapi, tujuan ke depan untuk memperkokoh usaha peternakan sapi di Kabupaten Blora.
Hal itu terungkap di sela-sela pelatihan agribisnis sapi potong dan pelatihan tanam padi Organik kepada Kelompok Tani Ternak "Lembu Joyo", di Desa Palon yang diselenggarakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Senin (16/12/2019).
Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman MSi yang membuka pelatihan tersebut berharap ke depan kerjasama antara PT Waskita Karya dengan Klomtan ternak sapi di Desa Palon ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.
''Kami berharap ke depan kerjasama tidak hanya di bidang pembibitan sapi dan padi organik, melainkan juga terjadi di bidang lainnya, seperti pengembangan ternak ayam Jowo Super (Joper),'' papar Wabup Arief.
Menurutnya, saat ini Pemkab Blora yang menjadi penyumbang populasi sapi terbesar di Jawa Tengah, tentu harus diimbangi juga dengan kualitas yang ada. Termasuk perlunya pengembangan ternak lainnya.

Pinjaman Modal Milyaran
Diakui oleh Arief Rohman, kerjasama dalam pembibitan dan penggemukan sapi yang dilaksanakan PT Waskita Karya dengan Klomtan ternak sapi di Desa Palon cukup bagus.
''Dari hasil testimoni para kelompok ternak, bahwa program ini sangat bagus dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu Pemkab Blora menyampaikan terimakasih dan apresiasi untuk Waskita yang sudah mempercayakan program ini ditaruh di Desa Palon,'' ungkapnya.
Sementara itu,  di sela-sela pelatihan, Head- Small Medium Enterprise dan Social Responsibility Partnership Program Unit PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Meiriawan mengemukakan,  rencananya Waskita akan memberikan pinjaman uang modal senilai Rp. 2,5 miliar untuk pembelian sapi kepada Klomtan Ternak Lembu Joyo di Desa Palon di tahun 2019 ini.
Dijelaskan, program kerjasama dengan Klomtan ternak sapi di Palon, ini sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu hingga sekarang. 
''Diawali dengan kelompok tani dengan cabang Waskita yang ada di Semarang dan berjalan hingga sekarang. Rencananya di tahun 2019 ini akan memberikan pinjaman modal sebesar Rp 2,5 Miliar,'' papar Meiriawan
Menurutnya, tidak hanya memberikan bantuan modal, PT Waskita Karya (Persero) Tbk juga memberikan pelatihan agribisnis Sapi Potong kepada kelompok binaannya.

(UD/Me)

Posting Komentar

0 Komentar