IKLAN




 

Intip Keseruan Perayaan Maulid Nabi di Sempu

BLORA, ME - Beragam cara dilakukan masyakat untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Salah satunya di Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora.

Maulid Nabi Muhammad merupakan momen dimana masyarakat mengingat kepemimpinan dan keteladanan sang nabi. Warga Desa Sempu merayakan maulid nabi dengan mengusung tema Sempu Seru.

Kepala Desa (Kades) Sempu, Lilik Zubaidi saat ditemui Blora Ekspres di sela-sela kirab budaya mengatakan, peringatan Maulud Nabi 2019 di Desa Sempu ini kita ingin mengulang kesuksesan tahun sebelumnya.

“Peringatan Maulud Nabi tahun lalu kita telah sukses, tahun ini acara harus lebih sukses dan semakin meriah,” jelas Lilik.

Peringatan Maulud Nabi tahun ini, lanjut Lilik, kita mengusung tema Sempu Seru. Melalui tema ini, pemerintah desa bersama warga memiliki semangat bersama-sama menyambut Maulud Nabi dengan gegap gempita.

“Untuk membuat acara semakin meriah, panitia kita dorong untuk berinovasi dalam menyelenggarakan rangkaian Maulud Nabi 2019,” terang Lilik yang juga aktivis di berbagai lembaga organisasi.

Lilik berharap, dengan rangkaian acara yang beragam, dapat menunjukkan semangat Maulid Nabi yang tak hanya bernafaskan keagamaan semata. Tetapi juga, menghidupkan ekonomi umat, dan semangat kemanusiaan.

Kemeriahan peringatan Maulud Nabi 2019 di Desa Sempu yang digelar selama enam hari sejak 29 Oktober hingga 3 Nopember 2019 mulai terlihat sejak dimulainya rangkaian acara yang di tandai dengan menggelar pertandingan perdana turnamen voli Sempu Cup 2019 dengan bebas bon.

Tak hanya itu, sejumlah agenda menarik telah dipersiapkan panitia untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut. Panitia juga telah menyediakan sebanyak 66 stand bazar yang diisi oleh para pedagang dari Kunduran dan wilayah sekitarnya.

Ada bererapa rangkaian acara lain yang digelar dalam peringatan Maulud Nabi 2019. Diantaranya Dialog Keagamaan bersama Gus Habibul Huda dari pengasuh Pondok Pesantren Fadlul Wahid, Ngangkruk-Bandungsari dan Karnaval Kebudayaan dilanjutkan donor darah. Sebagai puncak acara digelar Pengajian Akbar dengan tausyiah yang akan disampaikan oleh KH Abdul Mutholib (Kyai Kerah Sakti) dari Sidoarjo, (3/11/2019) malam.

Dengan berinovasi dan bertambahnya rangkaian acara dalam peringatan Maulud Nabi, lanjut Lilik, akan menambah orang yang akan berkunjung ke desa Sempu.

“Seperti yang kita lihat, bahwa antusias masyarakat untuk menyaksikan Karnaval Kebudayaan dan mengujungi bazar ini sangat luar biasa”, ucapnya.

“InsyaAllah, kedepan  kami akan jadikan peringatan Maulud Nabi sebagai Destinasi Wisata Religi yang ada di Sempu,” ujar Lilik.


Sementara, Ketua Panitia Maulud Nabi 2019 Desa Sempu, Muhammad Rifa’i menambahkan, kegiatan peringatan Maulud Nabi 2019 ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggaran seluruh masyarakat desa Sempu.

“Ini merupakan acara seluruh masyarakat desa yang telah diselenggarakan setiap tahun,” tandas Rifa’i.

Disinggung soal anggaran, Rifa’i menjelaskan, semua anggaran berasal dari swadaya masyarakat.

“Anggaran peringatan Maulud Nabi 2019 kali ini sebesar Rp. 56 juta. Semua berasal dari swadaya masyarakat,” jelasnya.***(Ely/Red) 

Posting Komentar

0 Komentar