Makan Tahu Massal Di Festival Tahu Kartasura

Festival Kampung Tahu 2019 di Kartasura diserbu pengunjung yang ingin menyantap tahu produksi warga setempat (Foto: Agung)

Festival Kampung Tahu
Sukoharjo, ME- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke - 91, untuk pertama kalinya Karang Taruna Muda Mudi Rama Bronteg di Dukuh Brontowiryan, Kelurahan Ngabeyan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, menyelenggarakan event Festival Kampung Tahu 2019. Kegiatan ini di meriahkan dengan berbagai kegiatan dari pagi mulai dari kampung dolanan Anak, dilanjutkan Kirab dengan mengarak Gunungan Tahu, Batik Carnival dan berbagai ornamen hasil kreatifitas warga Ngabeyan. Kemudian mengelilingi Desa Brontowiryan, Ngabeyan, Kartasura.
Menurut Ketua Panitia Festival, Puryanto
"Festival tahu ini merupakan suatu
 bentuk semangat gotong royong segenap warga di Dukuh Brontowiryan dalam memperkenalkan potensi industri tahu di wilayah tersebut yang sudah ada sejak tahun 60an." ungkapnya.

Wisata Edukasi Industri
Kedepanya nanti juga akan di tawarkan bagi masyarakat umum untuk wisata edukasi, yaitu proses pengolahan tahu di Desa Brontowiryan. Setelah kirab usai  acara dilanjutkan dengan makan tahu massal berjumlah ribuan. Tahu di tata di meja sepanjang 50 meter. Disediakan panitia untuk umum gratis. Disuguhkan berbagai jenis tahu produksi warga Brontowiryan. Adapun acara tersebut tidak berbayar dan terbuka untuk umum. Di tempat terpisah, Is Sugiarsih salah satu dari 19 pengusaha tahu di Brontowiryan ini, mengungkapkan apresiasinya akan adanya Festival Kampung Tahu 2019 ini.

Ekonomi Kreatif Warga
"Saya merasa bangga dengan adanya acara seperti ini semoga bisa mengangkat Desa Brontrowiryan menjadi desa wisata sentra pengrajin tahu" ujarnya.
Acara ini juga di hadiri Anggota Dewan dari Fraksi Gerindra, Joko Santosa.
"Ini sangat luar biasa, ini merupakan wujud kreatifitas ekonomi warga para pengrajin tahu yang tentunya, akan bisa mewujudkan desa wisata kuliner tahu, semoga acara Festival Tahu ini bisa diagendakan setiap tahun" tuturnya.
Di penghujung acara, malamnya ditutup dengan pertunjukan pagelaran wayang Tjongwayndut. (Nugie/me)

Posting Komentar

0 Komentar