IKLAN




 

Jutaan Liter Air Bersih Disalurkan ACT Solo

Foto : ACT Solo salurkan air bersih untuk bencana kekeringan di Solo Raya

• Atasi Bencana Kekeringan
SRAGEN, ME - Kondisi cuaca panas yang cukup ekstrem melanda sebagian daerah eks-Karesidenan Solo Raya salah satunya yaitu Kabupaten Sragen. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo pada kamis (22/8)  distribusikan bantuan air bersih di Dusun Geneng Sari Desa Banyuurip Kecamatan Jenar.

Pada kesempatan kali ini sebanyak 100.000 liter air bersih telah terdistribusikan merata di wilayah kekeringan di Sragen dan Klaten. Aksi distribusi bantuan air bersih tersebut menggunakan Humanity Mobile Watertank ACT Solo dengan kapasitas daya tampung air 8.000 liter yang telah resmi diluncurkan pada hari yang sama.

Aksi Sosial ACT
Septi Endrasmoro selaku Kepala Cabang ACT Solo mengatakan bahwa dengan diluncurkan Humanity Mobile Watertank, aksi-aksi kemanusiaan ACT dalam merespon bencana kekeringan dapat memberikan dampak kemanfaatan bagi masyarakat yang kekurangan air bersih.

"ACT Solo  komitmen untuk mengirim bantuan jutaan liter air bersih sebagai  pengentasan bencana kekeringan di Solo Raya, bantuan air bersih akan terus didistribusikan ke daerah kekeringan. Selain di Kabupaten Sragen dan Klaten distribusi bantuan air bersih  juga dilakukan di Wonogiri dan Boyolali" ujarnya.

Minim Bantuan Air
Menurut informasi dari warga, Dusun Genengsari sangat minim bantuan air bersih. Sehingga kebutuhan air bersih tidak tercukupi. Musim panas menyebabkan sumur warga dengan kedalaman 15 meter kering semuanya.

Marsiti warga Genengsari mengatakan bahwa bantuan air bersih yang datang ke dusun tersebut sangat jarang.
"Kadang  sampai seminggu tidak ada bantuan air bersih,  warga berterima kasih banyak saat ada bantuan air bersih datang" ucapnya.

"Kalau ada bantuan air bersih, kita manfaatkan untuk kebutuhan makan dan minum saja. Untuk mandi dan cuci warga ambil di sungai" ungkapnya. (Nugi/me)

Posting Komentar

0 Komentar