IKLAN




 

Puskesmas Japah Wakili Blora Lomba Puskesmas Prestasi Tingkat Jateng


BLORA.ME - Puskesmas Japah masuk lima besar tingkat provinsi puskesmas berprestasi kategori puskesmas pedesaan yang akan bersaing dengan empat Puskesmas dari empat Kabupaten yaitu kabupaten Boyolali, Kabupaten Sujoharjo, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Demak untuk memperebutkan puskesmas berprestasi kategori wilayah Kabupaten Provinsi Jawa Tengah. Penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah berlangsung hari Senin, (22/7/2019). 

Kepala Puskesmas Japah, dr. Teguh Ratmono mengatakan, penilaian puskesmas berprestasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan guna menilai kegiatan hasil kinerja puskesmas, adanya inovasi yang dilakukan Puskesmas pada wilayah kerjanya dengan mengutamakan kegiatan upaya peningkatan peran serta masyarakat dan kegiatan promotif dan preventif.

“Penilaian puskesmas berprestasi dilakukan untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja puskesmas dan memacu kinerja sumber daya kesehatan untuk menciptakan inovasi baru dalam menunjang derajat kesehatan masyarakat,”ujar Teguh.

Sebagai penyedia layanan kesehatan di tingkat dasar, Puskesmas di era sekarang ini dituntut untuk terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya dan mutu layanannya sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditetapkan.

“Oleh karena itu, Puskesmas harus mampu memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat dan sumber daya kesehatan yang ada di Puskesmas peka dan responsif terhadap tuntutan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat,” terang  Teguh.

Dalam proses penilaian yang dilakukan sebagian besar instrument sesuai dengan instrument penilaian akreditasi puskesmas. Ada beberapa poin yang akan dinilai diantaranya lingkup administrasi dan manajemen puskesmas, penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat (UKM), dan penyelenggaraan upaya kesehatan perorangan (UKP).

"Kita berharap, dengan adanya penilaian  ini, bisa menjadi sarana untuk koordinasi, sinkronisasi, dan koreksi terhadap kinerja di Puskesmas Japah bisa semakin lebih baik dengan mengedepankan pelayanan mutu dan berkualitas. Sehingga cita-cita kita mengharumkan nama Blora di tingkat provinsi bahkan hingga tingkat nasional bisa terwujud," tutur Teguh.

“Untuk diketahui, hasil penilaian kinerja prestasi tersebut akan akan dipilih tiga juara, dan juara satu berhak mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar