IKLAN




 

H.A.S.I.L Mantra Baru Bangkitkan Koperasi Blora

Foto :  Sarmidi, SP, MM. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Disdagkop UMKM ) Kabupaten Blora,
Tantangan tugas baru
Blora - ME, Menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas memang merupakan kebanggaan dan harapan, bagi setiap Aparatur Sipil Negara. Namun, hasil yang tercapai itupun juga merupakan beban dan tanggungjawab yang tidak mudah untuk dilaksanakan. Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Disdagkop UMKM ) Kabupaten Blora, Sarmidi, SP, MM. yang baru satu bulan pindah dari jabatan lamanya sebagai Camat Blora Kota.
" Baru satu bulan ini saya menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Blora, saya fokus mengidentifikasikan masalah terkait tugas saya, di bidang perdagangan, koperasi dan umkm, masalah Koperasi, ternyata banyak sekali Koperasi yang mengalami mati suri, hidup enggan matipun tak mau, padahal potensi koperasi sangat penting untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, sebagai soko guru ekonomi bangsa kita," paparnya kepada Monitor Ekonomi, di kantornya yang baru, pada Kamis siang, (19/6/2019).


Galakkan pelatihan
Untuk membangkitkan Koperasi yang telah mati suri itu, Kadinas yang baru sebulan dilantik itu, memaparkan data - data Koperasi dan segala permasalahan yang mengakibatkan ketidaksehatan pengelolaan tersebut.
" Jumlah Koperasi yang ada di Blora itu mencapai 600 lebih, itu sudah termasuk Koperasi yang tidak sehat, bahkan tinggal papan nama saja, inilah tantangan kami untuk membangkitkan kembali Koperasi - Koperasi itu, kami analysis sebab - sebabnya, untuk kemudian kami carikan solusinya, nah dari itu kami harus galakkan pelatihan - pelatihan perkoperasian kepada para pengurus, agar mendapatkan pencerahan ilmu - ilmu pengelolaan perkoperasian dan fresh kembali, sehingga bersemangat dan berani menjawab tantangan ekonomi global ini, untuk membangkitkan koperasinya kembali," ungkapnya kepada para awak media, usai menutup Pelatihan Perkoperasian Pengelolaan Koperasi Syariah yang diselenggarakan selama tiga Hari (17 - 19/6/2019).


Paparkan metode HASIL
Dalam identifikasinya terkait perkoperasian, Dinas Perdagangangan Koperasi dan UMKM Blora, merinci beberapa kunci pokok untuk mensukseskan perkoperasian di Blora. Rangkuman kunci tersebut dipaparkan oleh Kepala Dinas yang terkenal ramah dan akrab sekali dengan para awak media di Blora. Metode pelatihan bagi pengurus itu harus membawa hasil, sebagai kunci kesuksesan bangkitnya perkoperasian Blora.
" Apa itu HASIL? H adalah Hasrat, pengurus Koperasi itu utamanya adalah hasrat untuk mau belajar dengan sungguh - sungguh materi pelatihan yang ada, kemudian A adalah aktif dalam melaksanakan kegiatan perkoperasian, tidak menunggu bola, akan tetapi mau menjemput bola, selanjutnya adalah S, sungguh - sungguh dalam mempelajari materi yang diberikan, kemudian I, adalah Ikhlas, pengurus koperasi dalam menjalankan tugasnya harus Ikhlas dan terakhir L, yaitu Lulus dalam.pelatihan dengan nilai tertinggi atau cum laude, dan bisa menerapkan ilmunya untuk mengembangkan koperasinya masing - masing," tandasnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar