Atasi Paceklik, Akan Maksimalkan Lumbung Pangan Desa

Foto : Suparman, kepala desa Nglengkir maju kembali dalam Pilkades

BLORA, ME - Tidak semua janji politik saat kampanye menjadi basi saat calon terpilih mendukuki kursi kepala daerah atau wakil rakyat. Hal ini terbukti di desa Nglengkir, kecamatan Bogorejo, kabupaten Blora yang telah melakukan pemilihan kepala desa tahun 2013 lalu. Dari pertarungan perebutan kursi kepala desa akhirnya Suparman yang terpilih menjadi pemenang dengan memperoleh 1.239 suara.

Dalam Menentukan setiap kebijakan memimpin Desa Nglengkir, banyak melakukan terobosan, diantaranya manajemen desa untuk kepentingan warga merupakan prioritas utama, ujar Suparman pada Monitor Ekonomi di kantornya.

Menurut Suparman, setiap bantuan baik dari pemerintah maupun lainnya langsung dialokasikan dengan harapan dapat segera dinikmati dan digunakan warga. Karena tujuan dirinya menjadi kepala desa ingin membangun dan mensejahterakan warga.

“Saya berusaha selalu berada di tengah-tengah masyarakat, tidak akan meninggalkan, dan tidak mau ditinggalkan masyarakat, serta akan menjaga stabilitas keutuhan desa, dengan tetap menjaga eksistensi tradisi dan budaya,” jelas Suparman.

“Semua resiko tantangan maupun rintangan saya hadapi, yang terpenting cita-cita demi membangun desa dan kesejahteraan warga bisa tercapai,” tuturnya.

Ia menambahkan, bentuk keberhasilan pembangunan fisik maupun non fisik merupakan hasil kerja semua warga Desa Nglengkir yang terus bersinergi dengan stap desa. Karena cita-cita membangun desa dari segala aspek untuk kepentingan warga masih sangat panjang.

“Dengan sekuat tenaga serta kemampuan akan saya perjuangkan, untuk itu saya berharap kepada instansi terkait, terus mendorong program pembangunan ini dari segi dana dan teknis” katanya.

Dikatakannya, Desa Nglengkir banyak potensi yang harus di kembangkan, baik sektor pertanian maupun Sumber Daya Alam, dan lain lain.”Dengan harapan desa kami menjadi tempat paling nyaman untuk warga, sehingga tidak lagi pergi ke daerah lain untuk mencari kehidupan,” kata Suparman.

Dirikan Lumbung Pangan Desa
Kini Suparman telah memasuki akhir masa jabatan. Ia bakal calon kepala desa maju kembali untuk membangun desa Nglengkir yang lebih maju lagi.

Kepada Monitor Ekonomi Suparman menyampaikan ia maju kembali dalam Pilkades untuk melanjutkan visi dan misi sesuai program yang sudah direncanakan, kalau saya tepilih lagi. “Jika Allah mengizinkan, Insya Allah saya akan mencalonkan satu periode lagi,” tukasnya.

Suparman mengakui, di akhir masa jabatannya masih ada program yang belum tuntas. Diantaranya, mengatasi rawan pangan, ia berencana membangun lumbung pangan desa. Ia pun mengungkapkan, rencana kedepan dalam berkiprah, dirinya akan mencalonkan kembali sebagai kepala desa agar dapat menyelesaikan program tersebut.

“Lumbung pangan desa ini sebenarnya sudah ada, namun belum berjalan secara maksimal. Jika ini bisa berjalan, masyarakat tidak akan kekurangan pangan lagi saat musim paceklik," ujarnya.

Dengan adanya lumbung pangan desa, ia menambahkan, masyarakat desa akan terhindar dari harga beras yang tinggi. Lebih lanjut ia berharap, lumbung pangan desa tersebut juga bisa membantu ketahanan pangan nasional.

"Lumbung pangan desa ini fungsinya sebagai cadangan beras, jadi bisa ikut membantu Pemerintah mengatasi kekurangan pasokan beras yang menyebabkan harga beras melambung. Kalau ini berjalan, desa dapat menikmati produktifitas pertanian, mencukupi ketersediaan pangan dan meningkatkan potensi desa.

Suparman juga menjelaskan, lumbung pangan desa tersebut tidak hanya dipriortaskan untuk komoditi beras gabah saja. Lumbung pangan desa juga akan dijadikan wadah untuk memberdayakan beras jagung.***(Ely)

Posting Komentar

0 Komentar