Kembangkan Koperasi Konvensional Menjadi Koperasi Syariah


Foto : Joko Yuliyanto Narasumber dalam pelatihan perkoprasian bagi koperasi syariah

BLORA, MEUntuk memperkuat koperasi berbasis syariah di Kabupaten Blora Dinas Perdagangan Koperasi Dan UKM (Dindagkop dan UKM) Kabupaten Blora, menggelar Pelatihan Perkoprasian Bagi Koperasi Syariah. Pelatihan dilaksanakan di di ruang pertemuan kantor Dindagkop dan UKM lantai 2, Senin (17/6/2019) hingga Rabu (19/6/2019) diikuti oleh 40 peserta baik dari koperasi syariah maupun koperasi konvensional yang akan beralih ke koperasi syariah.  


Narasumber dalam pelatihan, Joko Yuliyanto mengatakan, tujuan pelatihan perkoprasian bagi koperasi syariah agar para pengurus mampu menyusun laporan keuangan syariah serta agar para pengurus mampu mengelola usahanya sesuai dengan prinsip syariah.

“Mengembangkan koperasi syariah sebagai badan usaha dan gerakan ekonomi rakyat adalah untuk mewujudkan koperasi yang dikelola secara profesional dengan menerapkan prinsip keterbukaan, transparansi dan akuntabilitas yang dapat diakui, diterima, dipercaya baik oleh anggota maupun masyarakat,” ungkap Joko.

Koperasi syariah lanjut Joko, harus mempunyai standar operasional manajemen yang merupakan panduan bagi pihak manajemen dalam memberikan pelayanan prima bagi anggota dan calon anggota.
“Ada beberapa yang harus diperhatikan. Diantaranya, standar operasional manajemen yang terdiri dari standar operasional manajemen usaha, standar operasional manajemen keuangan dan pegamanan aset dan hutang,” terang Joko.

Kepada para peserta pelatihan Joko berharap,  kedepan diharapkan semua koperasi di blora beralih dari pola konvensional ke pola syariah.

Ngusman salah satu peserta yang dikirim dari KSPPS Albarokah mengungkapkan secara pribadi dirinya sangat mengapresiasi terhadap dinas yang sangat peduli dengan koperasi-koperasi dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut.

“Saya pribadi sangat senang dan merasa ini semua sangat bermanfaat, sehingga kami bisa menjalankan dan mengembangkan koperasi dengan cara menjalankan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh nara sumber atau platih dalam pelatihan ini,” terangnya.***(Ely)

Posting Komentar

0 Komentar