Malam 1 Sura 1440 H di Mlangsen

Pagelaran Wayang Kulit di Kelurahan Mlangsen, Blora dalam rangka Peringatan 1 Suro.
Pagelaran Wayang Kulit Tradisi Suran
Blora, ME - Ketua Panitia Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk, Karyana, menyampaikan bahwa pertunjukan Wayang Kulit akan mengambil lakon " Wahyu Senopati " dengan Dalang Ki Nuryanto nanti, mengambil tema: Kita Wujudkan Kerja Nyata Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Blora Makmur dan Sejahtera, sebelumnya juga diserahkan bantuan santunan untuk warga dan anak yang kurang mampu, yang pembiayaannya berasal dari donasi warga. Penyerahan bantuan diserahkan secara bergiliran oleh Camat Blora, Sarmidi, Lurah Mlangsen, Sahari Purnomo dan Ketua Panitia Penyelenggaraan Peringatan Malam 1 Sura tingkat Kelurahan, Subekti, kepada 10 warga, yaitu Safira, Kensa, Ratu Putri DY, Suparmi, Nur Fitriani Mukti, Anugrah Fino Rafael, Salma Nurhayani, Ibu Sukarmi, Muh. Afif A.P.

Camat Blora, Sarmidi menyerahkan wayang Gatotkaca
kepada Dalang Ki Nuryanto.
Tradisi Suran Sudah Turun Temurun
Dalam sambutannya Lurah Mlangsen, Sahari Purnomo, menyampaikan "Pelaksanaan Peringatan Malam 1 Suro, merupakan tradisi yang baik dan telah berjalan turun temurun" jelasnya.
Turut hadir Kepala Dinsos P3A Blora, Sri Handoko. Danramil Blora Kota, Kapten M Rifai. Tradisi turun temurun peringatan 1 Suro, adalah rangkaian dari beberapa kegiatan, antara lain, doa tahlil, tirakatan, barongan dan ditutup dgn pagelaran wayang kulit. Lakon Wahyu Senopati, menggambarkan cerita tentang amanat untuk menjadi pemimpin untuk memerangi angkara murka. "Kami teringat tokoh Mlangsen, yaitu Bapak Agus Andrianto yang diangkat sebagai Kapolda Sumatera Utara, kita patut bangga bahwa putra Blora, Asli dari Kelurahan Mlangsen," paparnya. Mengaitkan cerita wayang tersebut. "Wahyu adalah amanat, sedangkan senopati adalah Panglima perang, untuk menghadapi musuh kita, yang menyerang mental kita, contoh. Narkoba, miras Berita Hoax Dan Ujaran Kebencian termasuk terorisme. Semoga Kita bs ambil hikmahnya," Tambahnya. Camat Blora, Sarmidi menyampaikan, mewakili Bupati Blora dalam peringatan 1 Muharram 1440 Hijriah. 2 Hal pesan, pertama dalam menghadapi situasi iklim ekstrim agar tidak lagi terjadi kebakaran, agar warga lebih hati - hati, kedua tahun politik pesta demokrasi, pemilu 2019. Agar berjalan dengan sukses tanpa ekses. Selanjutnya penyerahan wayang kulit tokoh Gatotkaca, Dari Lurah Mlangsen kepada Camat Blora diteruskan dari Camat Blora kepada Sang Dalang Ki Nuryanto untuk melaksanakan pagelaran semalam suntuk, yang telah ditunggu - tunggu oleh para pecinta wayang Blora. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar