IKLAN




 

Museum Bung Hatta, Telusuri Rekam Jejak

Bambang Sulistya kunjungi Museum Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi Sumatera Barat dalam rangka Peringati Hari Koperasi Indonesia Ke - 76

"Menelusuri jejak perjuangan Bapak Koperasi Indonesia, yang juga Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama, di Museum Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatera Barat"

Berfoto di depan lukisan Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia

Kunjungi Museum Hatta

BLORA, ME - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Indonesia (HKI) ke-76, dengan mengusung tema Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern dan Berdigital. Bambang Sulistya, Pengurus Koperasi Petani Tebu Rakyat Mandiri Tebu (Manteb) Kabupaten Blora, mengajak masyarakat untuk menyegarkan dan mengingat kembali jasa dan teladan Bapak Koperasi Indonesia, yaitu H. Mohammad Hatta.

“Karena satu bulan yang lalu tepatnya pada 12 juni 2023 saya berkesempatan datang mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi Sumatra Barat,” jelasnya di Blora, Rabu (12/7/2023).

Di museum ini pula, kita bisa merenungi dan mengenal secara lengkap perjalanan hidup Bung Hatta, mulai masa kelahiran, hidup masa kanak-kanak,masa pendidikan, kehidupan berorganisasi, kembali ke Indonesia, masa pembuangan, kembali ke Jawa, Hari Kemerdekaan Indonesia, Bung Hatta menjadi wakil Presiden, mempertahankan Indonesia sampai menjadi Bapak Koperasi Indonesia.

Sejarah Koperasi Indonesia

Bung Hatta aktif memberikan ceramah-ceramah di berbagai lembaga tinggi. Ia menulis berbagai karangan dan buku buku ilmiah dibidang ekonomi dan koperasi. Dia juga aktif membimbing gerakan koperasi untuk melaksanakan cita cita dalam konsepsi ekonominya.

Pada tanggal 12 Juli 1951, Bung Hatta mengucapkan pidato radio untuk menyambut Hari Koperasi di Indonesia. Berkat perhatian yang besar beliau terhadap kehidupan dan kemajuan Koperasi di Indonesia,maka pada tanggal 17 Juli 1953 diangkat sebagai Bapak Koperasi pada konggres koperasi Indonesia di Bandung.

Pikiran-pikirannya mengenai koperasi antara lain dituangkan dalam bukunya yang berjudul "Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun" (1971). Bung Hatta mendapat gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada 27 November 1956. 

“Sebagai generasi penerus bangsa kita semua sepatutnya di saat memperingati Hari Koperasi Indonesia ke-76 kita dapat meneladani lima nilai semangat Bung Hatta,” kata Bambang Sulistya.   

“Beliau selalu memberikan simpati dan memotivasi kepada masyarakat betapa pentingnya menumbuhkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kerukunan dan kepekaan sosial untuk menggapai peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. (Guh/me)








Posting Komentar

0 Komentar