IKLAN




 

Jagong Bareng Para Seniman Ketoprak Dan Emprak Jepara

Jagong bareng seniman ketoprak dan emprak se Kabupaten Jepara dihadiri oleh Akhlis Junaidi, Tokoh Pegiat Seni Budaya

Jagong Bareng Seniman
Jepara, ME - Terbentuknya Paguyuban Seniman Ketoprak dan Emprak se Kabupaten Jepara merupakan titik awal kebangkitan dari mati surinya seni budaya kethoprak dan emprak di Jepara.

Sehingga dengan terbentuknya wadah tersebut, memberikan angin segar bagi para pelaku seni budaya, khususnya kethoprak dan emprak, agar ke depan lebih terarah dan terukur.

Akhlis Junaidi, tokoh penggiat seni budaya yang sekaligus mantan DPRD Kabupaten Jepara, mengawali sambutannya saat gelar "Jagong Bareng Bersama Para Pelaku Seni Kethoprak Mekar Budaya dan Emprak Sido Mukti".

Turut hadir Pengurus Dewan Kesenian Jepara, didukung para tokoh penggiat seni budaya yang lain di Jepara, di kediaman  Tokoh Penggiat Seni Budaya Jepara, Abah Kholil, Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan Selasa (13/09/2022).

                         Akhlis Junaidi

Angkat Seni Budaya
Tujuan diadakannya Jagong Seni Budaya ini, adalah untuk mengangkat nasib para pelaku seni budaya, yang telah mengabdi lama, demi langgengnya seni budaya Ketoprak dan Emprak.

"Melalui jagong seni budaya, diharapkan dapat menjadi sarana untuk melakukan konsolidasi, membahas langkah - langkah kedepan, mengurai permasalahan yang timbul, untuk mendapatkan jalan keluarnya" jelas Akhlis Junaidi.

Adapun kendala yang dihadapi para pelaku seni budaya Kethoprak Mekar Budaya dan Emprak Sido Mukti saat ini, salah satunya pengadaan kostum, kelengkapan gamelan, dan belum diberikannya kesempatan untuk tampil dalam setiap kegiatan - kegiatan yang diadakan oleh Pemkab Jepara.

Dengan adanya kendala tersebut, maka Akhlis Junaidi merangkul Pengurus Dewan Kesenian, dan para Tokoh Penggiat Seni Budaya Jepara, dengan melakukan pendampingan kepada rekan - rekan pelaku seni budaya tersebut.

Dari hasil pertemuan tersebut terbentuklah Pengurus Paguyuban Seniman Ketoprak Dan Emprak se Kabupaten Jepara, yang diketuai oleh Maryoto. Paguyuban itu dimotori pula para tokoh penggiat Seni Budaya Jepara yakni Abah Kholil, Nurkan, H Budi, Sunarto Patih dan Winarto selaku Pengurus Dewan Kesenian Jepara.

Dan dalam waktu dekat, Paguyuban Seniman Kethoprak dan Emprak se Kabupaten Jepara, segera melakukan audensi dengan Pj Bupati Jepara dan DPRD Jepara.

"Dengan adanya wadah tersebut, akan memperkuat rekan - rekan pelaku seni budaya Ketoprak dan Emprak, untuk mewarnai perhelatan seni budaya sebagai kearifan lokal, sehingga dapat maju, berkembang dan sejahtera" tukas Nurkan.

Di saat yang sama, Winarto, selaku Pengurus Dewan Kesenian Jepara menyampaikan, dengan terbentuknya Paguyuban Seniman Ketoprak dan Emprak Se Kabupaten Jepara, adalah bukti bahwa Pemkab Jepara ikut handarbeni (uri - uri), terhadap Seniman khususnya Ketoprak dan Emprak. (Dod/me)

Posting Komentar

0 Komentar