IKLAN




 

Upaya Bangkitkan Pariwisata Air Di Waduk Greneng Blora

Lanskap Waduk Greneng, Tunjungan Blora

"Geliat ekonomi bidang pariwisata air di Waduk Greneng, Desa Tunjungan, Blora, kembali diupayakan untuk bangkit, untuk meningkatkan kesejahteraan warga di seputar waduk tersebut, pada khususnya"

Bangkitkan Wisata Air
Forum Pemred, Blora - Dalam upaya membangkitkan kembali geliat ekonomi pariwisata di Kabupaten Blora pasca pandemi, Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Media yang ada di Blora dan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora menyelenggarakan Lomba Mancing Piala Bupati Blora dan hadiah uang itu, akan digelar pada hari Minggu (26/6/2022), di Saluran Irigasi Waduk Greneng, Desa Tunjungan, Blora, dengan thema “Bangkit Sesarengan Mbangun Pariwisata Blora”.

Lomba Mancing yang dihelat Forum Pemred Media Blora, yang bekerjasama dengan Dinporabudpar Kabupaten Blora untuk kali pertama itu, mendapat respon pemerintah dan publik menggembirakan, seperti Pemerintah Kabupaten, DPRD, pelaku atau pengelola pariwisata masyarakat umum, khususnya para pemancing mania, menyambut antusias kegiatan salah satu olah raga rekreasi itu.

Pemkab Blora melalui Dinporabudpar, sebagaimana yang dikemukakan Kadinporabudpar Drs.Kunto Aji, sebagai dinas yang memiliki tupoksi menangani sektor pariwisata, dengan apa yang dilakukan  oleh komunitas Forum Pemred yang menghelat Lomba Mancing di Waduk Greneng, Tunjungan. Kepala Dinporabudpar Blora, Kunto Aji mengungkapkan terkait kegiatan lomba mancing, ibarat sekali dayung dua tiga pula terlampau. 

"Melalui mancing, selain bisa menyalurkan hobi, sekaligus juga bisa ikut ''promosi' destinasi wisata yang menjadi lokasi mancing." ujarnya.

Spot Wisata Andalan
Waduk Greneng oleh Dinporabudpar Blora sendiri, tahun menjadi salah satu spot dari dua destinasi di Kabupaten Blora, yang tengah dipromosikan untuk menjadi destinasi unggulan di Blora, yang lainnya adalah Ledok yang berada di wilayah Kecamatan Sambong. Menurut mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Blora, kegiatan mancing Forum Pemred -Dinporabudpar Blora itu akan disengkuyung oleh Komunitas Pengelola Desa Wisata (Deswita) Kab. Blora. 

"Mereka akan ikut meramaikan dengan membuat stand-stand di di lokasi lomba untuk memperkenalkan spot-spot wisata yang kini tengah marak dikembangkan di masing-masing desa di Blora, " papar Kunto Aji.

Sementara dukungan yang tak kalah menggembirakan, datang dari para Wakil Rakyat di DPRD Kabupaten Blora. Supardi, politisi Partai Golkar Dapil Blora 1 yang mengatakan, hal itu layak didukung oleh semua pihak.

"Pariwisata Blora harus terus dipromosikan. Media, bisa menjadi sarana yang tepat untuk 'membranding' sektor pariwisata. Maka saya salut terhadap event lomba mancing, selain bisa untuk olah raga dan refreshing, juga untuk ajang promosi distinasi wisata " papar mbah Pardi.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Blora itu, menyatakan siap untuk mendukung kegiatan yang dihelat Ferum Pemred sekaligus akan datang meramaikan kegiatan lomba mancing itu.

Ali Uddin (kanan) dan Aditya Candra siap dukung Lomba Mancing Bupati Cup yang diselenggarakan di Waduk Greneng, Tunjungan

Sejahterakan Warga Sekitar
Sementara itu Ali Uddin, politisi PKB, dan Aditya Candra Yogaswara (Partai NasDem) dari Dapil Blora V (Tunjungan, Ngawen, Banjarejo), dan Mochamad Muchklisin (Ketua Fraksi PKB DPRD Blora).
Mereka mengatakan, kegiatan lomba mancing di Waduk Greneng, Tunjungan yang diprakarsai jurnalis pimpinan Media di Blora, merupakan terobosan promosi wisata yang bisa dijadikan salah satu role mode.

Ali Udin, legislator yang pernah menghabiskan waktu senggangnya untuk mancing di Waduk Greneng mengatakan, event lomba mancing di lokasi wisata diharapkan kedepannya bisa membawa multiplier effect kesejahteraan untuk warga sekitarnya. Waduk Greneng menurut Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Blora, memiliki potensi besar yang belum tergali. 

"Tentu ini menjadi PR (Pekerjaan Besar) pengola lokasi wisata air di Tunjungan itu. "SDM (Sumber Daya Manusia), persoalan terbesar yang perlu mandapat penanganan pertama",  jelas Legislator yang mantan Pimpinan Media di Blora.

"Hendaknya apa yang dilakukan teman-teman Forum Pemred Media Blora ini, bisa memberi dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar area lokasi wisata," imbuhnya.

Pesona Waduk Greneng
Demikian pula ungkap politikus muda Partai NasDem Aditya Candra Yogaswara. Ia mengatakan salut, terhadap kegiatan Lomba Mancing yang digelar di obyek wisata Waduk Greneng, Tunjungan yang di prakarsai Hari Subiyantoro dkk itu.

Politisi Partai besutan Surya Paloh itu, mengaku Wadug Greneng yang berada di daerah tempat kelahirannya Dukuh Greneng, Tunjungan itu, sudah saatnya dipromosikan menjadi destinasi wisata unggulan di Blora, menurut Adit, Wadug Greneng, punya banyak keistimewaan. 

"Selain spot alamnya mempesona, infrastruktur pendukungnya juga sudah memadai. Utamanya jalan menuju lokasi sudah bagus, " paparnya.

Ditambahkan Adit, satu lagi istimewa dari Wadug Greneng, bahwa ikan yang ada di waduk yang dikelola BBWS Pemali-Juana itu memilki rasa paling enak dibanding ikan di waduk-waduk lain di Blora.

"Ikan waduk Greneng itulah yang jadi magnet para pemancing mania untuk terus datang", tambah Adit.

DPRD Blora siap susun Perda Pariwisata 

Rancangan Perda Pariwisata
Secara terpisah Mochamad Muchklisin, anggota Komisi C DPRD Blora mengatakan, untuk mendukung pengembangan pariwisata di Blora, DPRD akan menysun regulasinya dengan membuat Perda Pariwisata. Perda yang merupakan inisiatif dari legilatif ini ditarget bisa dirampung tahun ini. 

"Sekarang dalam proses penysunan. Kami nanti juga akan melakukan hearing dengan stake holder, termasuk dengan para awak media, untuk dimintai masukan terkait penyusunan Perda tersebut, " terang Muhklisin.

Ketua Fraksi PKB di DPRD Blora ini, mengaku terpantik terhadap perkembangan pariwisata di Blora yang dinilai masih tertinggal dengan daerah lain di Jawa Tengah. Ia menyebut  Blora juga bisa menyontoh pengelolaan pariwisata di kabupaten –kabupaten di Provinsi DIY sangat maju. 

“Blora mestinya terinspirasi untuk mencontohnya, untuk itu kita akan susun Perda Pariwisata untuk memajukan pariwisata Blora, mohon dukungan dan masukannya untuk kami nanti”, jelas Mukhlisin.

Mukhlisin mengapresiasi terhadap kegiatan lomba mincing yang digelar oleh Forum Pemred Media Blora di Wadug Greneng. Kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi pariwisata di Blora yang bisa secara rutin diadakan.(FP/ME)

Posting Komentar

0 Komentar