IKLAN




 

Puskesmas Jiken Ajak Kades Waspadai Wabah Hepatitis Akut

Kepala UPTD Puskesmas Jiken, Dadang paparkan wabah Hepatitis akut yang menyerang anak - anak 0 - 16 tahun.

"Puskesmas Jiken gelar mini lokakarya bersama Kepala Desa dan TP PKK Desa se Kecamatan Jiken untuk sosialisasi kesehatan dan sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022"

Mini Lokakarya Puskesmas
BLORA, ME - Bertempat di Resto Joglo Nirwana, Jiken, Kamis siang (2/6/2022) Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas Jiken gelar mini lokakarya lintas sektoral yang melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Jiken, Kepala Desa dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Jiken. Giat tersebut juga dirangkaikan dengan Halal BI Halal, sebagai penutupnya.

Turut hadir Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten, Prih Hartanto, Kepala UPTD Puskesmas Jiken, Dadang, Camat Jiken yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan, Tulus dan Kapolsek Jiken, Ipda Zaenal Arifin.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Jiken, Dadang, mini lokakarya dilaksanakan secara rutin tiga bulan sekali, yang bertujuan untuk memberikan informasi dan sekaligus jalin komunikasi dengan stake holder tingkat Kecamatan Jiken.

"Ini adalah giat rutin kami per tiga bulan, untuk menyampaikan kondisi pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Jiken, sekaligus untuk mensosialisasikan program pemerintah baik Pusat maupun Daerah, agar bisa disebarluaskan kepada warga pedesaan di Jiken," ungkap Dadang.

Wabah Hepatitis Akut
Dalam paparannya, Dadang juga menyampaikan agar masyarakat waspada terhadap wabah Hepatitis akut, yang melanda pada anak usia 0 - 16 tahun, wabah ini sebelumnya terjadi di Inggris dan telah menyebar ke beberapa negara termasuk Indonesia.

"Untuk itu, marilah kita tingkatkan kewaspadaan terhadap wabah ini, yang melanda pada anak - anak usia bayi hingga remaja, kenali gejalanya, apabila terjadi pada anak kita yang diare, muntah - muntah dan demam ringan, segera bawa ke Puskesmas untuk diantisipasi agar cepat sembuh, jangan tunggu sampai mengalami kuning, di kulit dan mata, itu biasanya sudah akut dan sulit ditangani,' ungkap Dadang.

Dalam pemaparannya, Dadang juga mengajak agar Pemerintah Desa, bisa aktif memantau kesehatan anak - anak di Desanya masing - masing, untuk mencegah Hepatitis akut tersebut, berkoordinasi dengan Bidan setempat dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Jiken.

"Pasca pandemi Covid ini, kita harus tetap menjalankan pola hidup sehat, dengan tetap melaksanakaner  protokol kesehatan, yaitu sering mencuci tangan, tetap pakai masker dan menghindari kerumunan," imbuhnya. (Rome)






Posting Komentar

0 Komentar