IKLAN




 

Ratusan Atlet Berlaga Di Wall Climbing Blora Yang Berstandar Internasional

Bupati Arief pasang pin tanjakan untuk peresmian Wall Climbing Blora

"Bupati Blora, Arief Rohman didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati resmikan Wall Climbing dan Buka Gelaran Sirkuit Panjat Tebing Jawa Tengah Seri I di Blora"

Peresmian Wall Climbing
BLORA, ME - Bupati Blora Arief Rohman  didampingi Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, pada Sabtu (12/3/2022) meresmikan fasilitas arena panjat Tebing atau Wall Climbing yang ada di area terbuka Lapangan Kridosono, Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora.Kota.

Usai peresmian, Bupati juga membuka gelaran Kejuaraan Sirkuit Panjat Tebing Jawa Tengah seri I, yang diselenggarakan pada 12-13 Maret 2022 di Blora, sekaligus membuka gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Blora tahun 2022.

Bupati berharap dengan diresmikannya fasilitas Wall Climbing tersebut, nantinya akan semakin banyak lahir atlet-atlet berprestasi dari Blora, seperti Agustina Sari dan Berthdigna Devi, atlet panjat tebing dari Blora.

"Harapannya akan lahir atlet - atlet panjat tebing, khususnya dari Blora ini, untuk menuju prestasi nasional bahkan internasional," ungkap Bupati

Dua atlet bersiap untuk berlomba di nomor speed, di Sirkuit Panjat Tebing Jawa Tengah 1 di Blora

Sering Gelar Event
Pihaknya juga mendorong agar event-event olahraga dari berbagai cabang olahraga (cabor) baik dari tingkat Jawa Tengah hingga nasional untuk sering diadakan di Blora.

"Kita ingin agar sering ada event disini ini, hari ini tingkat Jawa Tengah ada panjat tebing, besok juga saya buka ada Kejurda pencak silat di GOR, Pagar Nusa se Jawa tengah ada 1500 atlet lebih," Jelas Bupati

"Semoga ada cabor-cabor lain yang bisa mengadakan kegiatan seperti ini di Blora, biar lebih semarak dan dikenal Blora ini" tambahnya

Disampaikannya, Pemkab Blora akan mendukung atlet-atlet Blora untuk berprestasi. Termasuk juga kaitannya, dengan fasilitas olahraga di Blora akan dibenahi.

"Kita berharap, fasilitas olahraga akan terus kita dorong, kita benahi, dalam rangka mendukung prestasi olahraga," lanjutnya

Destinasi Olah Raga
Bupati juga berkeinginan agar Wall Climbing tersebut bisa menjadi salah satu destinasi olahraga yang ada di Blora, dengan adanya arena Wall Climbing tersebut, agar dimanfaatkan dengan baik, termasuk sekolah-sekolah maupun anak-anak di Blora, yang berminat untuk berlatih panjat tebing.

"Karena sudah ada fasilitas ini nanti sekolah-sekolah, anak-anak yang berminat bisa memakai fasilitas ini, nanti dari FPTI bisa menjadwalkan untuk ini,” ucap Bupati Arief, “Agar ini bisa menjadi salah satu destinasi olahraga kita, karena tempatnya juga terbuka, dari dinas bisa mendukung untuk meramaikan," imbuhnya.

Sekaligus, dengan dibukanya POPDA  Kabupaten Blora tahun 2022 ini, diharapkan mampu menjadi ajang persiapan bagi atlet-atlet Blora, untuk berlaga di tingkat Jawa Tengah.

“Kita juga nanti PORPROV, itu pesertanya dari Jawa Tengah, tempatnya di Blora. Sekaligus ini kita pembukaan POPDA tingkat Blora, untuk menyongsong nantinya, diharapkan dari POPDA ini akan lahir bibit atlet yang akan kita lombakan di Jawa tengah,” Pungkasnya

Sambutan KONI Jateng
Pada kesempatan tersebut perwakilan KONI Jawa Tengah Sumartono, membacakan sambutan dari Ketua KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana.

"KONI provinsi Jawa Tengah menyambut baik dan bangga, atas terselenggaranya sirkuit panjat tebing seri 1 tahun 2022, ini terselenggara yang pertama," kata Bona Ventura dalam sambutan yang dibacakan Sumartono, "kejuaraan ini menjadi arena tolak ukur pengembangan dan peningkatan prestasi, hasil latihan secara rutin para atlet panjat tebing di Jawa Tengah." imbuhnya.

Masih menurut Sumaryono, Sirkuit panjat tebing seri 1 tahun 2022 ini, adalah gelaran yang sangat strategis, bila dikaitkan dengan persiapan  Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov yang ke - 16 Jawa Tengah. Ketua KONI Jateng tersebut, juga mengungkapkan bahwa cabor panjat tebing, adalah salah satu cabor yang secara konsisten menyumbang medali kontingen PON dari Jawa Tengah.

"Pada PON ke 20 di Papua 2021 kemarin tim panjat tebing Jawa tengah sukses meraih medali 2 emas 1 perak 3 perunggu ,dan dua diantaranya anak-anak kita dari Kabupaten Blora" tambahnya

Gairahkan Panjat Tebing
Kemudian, Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Tengah, Abdul Hamid, menjelaskan bahwa gelaran sirkuit ini, untuk menggairahkan kembali olahraga panjat tebing di Jawa Tengah.

"Bahwa sirkuit ini sudah dua tahun berhenti, dan kita akan menggairahkan kembali panjat tebing di Jawa Tengah, karena memang persaingan antar panjat tebing di Indonesia ini sudah sangat ramai, dan sudah sangat sengit," paparnya

Pihaknya juga mengapresiasi, bahwa dari Kabupaten Blora ini, juga memiliki atlet panjat tebing berprestasi yang mengharumkan Jawa Tengah, dalam gelaran PON Papua kemarin. Ia berharap akan semakin banyak atlet panjat tebing berprestasi yang lahir dari Blora, dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

"Kemarin kita PON sudah melaporkan dua atlet Blora sudah meraih medali emas melalui kategori speed beregu, yaitu mbak Bertha (Berthdigna Devi) dan mbak Agustin (Agustina Sari)," terang Abdul Hamid. "Sekarang juga di tengah - tengah kita, banyak potensi atlet untuk 4,5, tahun bahkan 10 tahun kedepan," lanjutnya

Pihaknya bertekad dalam dua PON mendatang, Jawa Tengah juga bisa menjadi kekuatan yang diperhitungkan daerah lainnya, khususnya untuk panjat tebing.

"Harapannya memang di sirkuit-sirkuit junior bagaimana ini bisa mengentaskan atlet-atlet yang mumpuni, yang mampu mengangkat nama klubnya, nama kabupatennya dan nama provinsinya," terang Abdul Hamid

Sudah Standar Internasional
Ketua FPTI Jawa Tengah mengapresiasi dukungan dari Pemkab Blora dalam penyelenggaraan Kejuaraan Sirkuit Panjat Tebing Jateng Seri 1 ini.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora yang telah menyediakan perangkat dan segala fasilitasnya" ucapnya

"Kita juga diberi kehormatan untuk mencoba wall terbaru di Blora, karena sekali bangun ini, ada tiga kategori, yaitu bolder, speed, sama leadsnya yang sudah berstandar internasional akan kita coba bersama-sama," pungkasnya

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Agus Ony Setiawan, mengungkapkan bahwa Kejuaraan tersebut diikuti 28 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

"Total atlet dari perwakilan klub di Jawa Tengah ini yang mengikuti 176 atlet dan dari 28 kabupaten, acara ini diadakan dua hari 12-13 Maret 2022"

Dijelaskannya, dalam panjat tebing di Blora kali ini untuk dengan kategori speed climbing untuk KU 10-12, KU 13-15, dan KU 15 ke atas.

"Untuk Blora menerjunkan 18 atlet, targetnya untuk FPTI Blora mendapatkan medali," pungkasnya (TLP)

Posting Komentar

0 Komentar