IKLAN




 

Laksanakan Pinjaman Daerah, DPUPR Siapkan 15 Titik Ruas Jalan


              Data dari Dinas PUPR Blora

"Dinas PUPR Kabupaten Blora sudah memasukkan 15 titik ruas jalan dalam Daftar Penggunaan Anggaran tahun 2022, yang akan dibiayai melalui pinjaman daerah sebesar Rp. 150 Milyar"

Kepala DPUPR Blora, Ir. Sam Gautama Karnajaya, MT (kanan)

Pembangunan Jalan Blora
BLORA, ME - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Sam Gautama Karnajaya menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan 15 titik ruas jalan yang akan dibangun dengan pembiayaan dari hutang daerah sebesar Rp. 150 Milyar.

Hal itu diungkapkan kepada Monitor Ekonomi, di ruang lobby Kantor setempat, hari ini, Kamis (17/3/2022). Pihaknya tinggal menunggu penandatanganan naskah kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Blora, dalam hal ini Bupati Blora dengan pihak perbankan.

"Kami sudah siapkan, titik - titik ruas jalan itu, ada 15 ruas jalan yang menjadi target pembiayaan dari pinjaman daerah, tinggal nunggu perintah Pak Bupati, selaku Kepala Daerah, semoga segera bisa terlaksana," ujarnya.

Anggaran Eksisting Lain
Di saat yang sama, saat dikonfirmasi terkait pembiayaan dari anggaran lain, baik dari Pusat, Propinsi maupun Blora sendiri, Kadinas PUPR merinci ada tambahan sekitar kurang lebih Rp. 50 Milyar lebih. Rinciannya adalah Rp. 15 Milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK), selanjutnya dari Anggaran Propinsi sebesar Rp. 15 Milyar dan APBD Blora sekitar Rp. 18 Milyar.

"Totalnya sekitar Rp. 200 Milyar, untuk peningkatan jalan Blora, kalo yang dari utang daerah itu nanti semua adalah rigit beton, dengan estimasi biaya sekitar Rp. 5 Milyar per kilometernya, kalo pinjaman daerah Rp. 150 Milyar, kita hanya bisa membangun sepanjang 30 kilometer," paparnya kembali.

Rincian Peningkatan Jalan
Berdasarkan data yang disampaikan Dinas PUPR Blora, empat ruas jalan mendapat anggaran terbesar, yaitu peningkatan jalan Kamolan -  Klopoduwur - Ngliron sebesar Rp. 16,5 Milyar, kemudian dilanjutkan peningkatan jalan Ngliron - Kalisari - Wulung, yang menelan biaya Rp. 15,5 Milyar, keduanya adalah ruas jalan Blora - Randublatung.

Berikutnya masing - masing mendapatkan anggaran sebesar Rp. 15,750 Milyar yaitu peningkatan jalan Pakis - Pelem - Kamolan di Kecamatan Blora Kota, kemudian peningkatan jalan Peting - Sumber - Balong - Menden, atau ruas jalan Randu - Kradenan. Sementara itu untuk ruas Jalan Wulung - Klatak juga menjadi prioritas untuk ditingkatkan dengan anggaran sebesar Rp. 16 Milyar. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar