IKLAN




 

Kadinkes Blora : "Waspada Penyakit Di Musim Penghujan!"

Genangan air di musim penghujan ini bisa mengakibatkan nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD)

"Meskipun masih dibayangi Pandemi Covid 19, dengan varian baru Omicron, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora tetap menghimbau Masyarakat agar waspadai penyakit menular di musim hujan"

Waspada Musim Hujan
BLORA, ME - Datangnya musim penghujan sekarang ini, jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora mengingatkan kepada masyarakat, untuk mewaspadai berbagai macam penyakit menular yang datang, selain penyakit Covid-19. Masyarakat dihimbau, untuk tetap menjaga kebersihan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Jika mengalami sakit dan tak kunjung sembuh, segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan terdekat, di daerah yang sering dilanda banjir, ada penyakit yang ditularkan lewat binatang, dan ada juga yang diakibatkan oleh kurangnya kebersihan lingkungan." ungkapnya melalui pesan tertulis kepada Monitor Ekonomi, pada Selasa (1/3/2022).

Kadinkes Edi juga merinci beberapa jenis penyakit yang sering melanda warga, saat memasuki musim penghujan, diantaranya adalah penyakit diare, penyakit kulit berupa infeksi, alergi, dan penyakit yang mengganggu saluran pencernaan, seperti tifoid, yang berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan.

“Ketika terjadi banjir, ketersediaan air bersih  biasanya terbatas, baik untuk kebutuhan minum maupun sanitasi, dan kebersihan makanan, yang kurang terkontrol higienitasnya, jugamenjadi faktor potensial terkena penyakit-penyakit tersebut,” paparnya.

              Edi Widayat, Kadinkes Blora

Ditularkan Dari Binatang
Sedangkan untuk beberapa penyakit yang telah menjadi endemik, yang disebabkan dari binatang seperti Demam Berdarah yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti, selain itu ada Leptospirosis yang berasal dari tikus, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang dibawa dan ditularkan melalui binatang.

“Khusus Demam berdarah merupakan momok yang patut diwaspadai setiap saat musim hujan, karena disebabkan nyamuk Aedes Aegypti,” tegasnya. "Untuk Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui tikus lewat air kencing. Selanjutnya penyakit ISPA disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya" paparnya kembali.

Dinkes menghimbau untuk mencegah berbagai macam penyakit saat musim hujan, masyarakat diharapkan senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup dan melakukan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas, serta senantiasa menjaga kenbersihan lingkungan. (Ag/me)

Posting Komentar

0 Komentar