IKLAN




 

Menengok Potensi Wisata Pantai Pelayaran

Potensi wisata Pantai Pelayaran Desa Karangkebagusan, Jepara layak untuk dikembangkan

Potensi Wisata Pantai
BLORA, ME - Potensi destinasi wisata bahari di Kabupaten Jepara, telah banyak diketahui khalayak. Saat ini muncul potensi wisata bahari baru, yakni Pantai Pelayaran yang kedepan dapat menjadi tujuan wisata bahari yang patut diperhitungkan, untuk melengkapi destinasi wisata yang sudah ada.

Pantai yang berpasir putih itu, berlokasi di RT 05 RW II sampai RT 02 RW I bergaris kurang lebih 2600 meter memanjang dari selatan ke arah utara, Kelurahan Karangkebagusan, Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Pantai Pelayaran ini mulai dirintis tahun 2018, oleh warga Karangkebagusan yang sadar wisata, dan terwadahi dalam Perkumpulan Pengelola Pantai Pelayaran, menginginkan area pantai sepanjang kurang lebih 2600 meter, yang semula terbengkalai, tak terurus dapat ditata dan dikelola, menjadi potensi wisata bahari sekaligus pemberdayaan ekonomi kerakyatan.


Sarana prasarana harus segera dibangun untuk mendukung potensi wisata Pantai

Letak Geografis Strategis
Mengingat letaknya yang strategis, dan dapat dikembangkan, di kemudian hari, masyarakat Karangkebagusan bermaksud melakukan pengelolaan dan pemanfaatan, dan mendapat apresiasi pihak Kelurahan Karangkebagusan.

Dan apresiasi itu diwujudkan dengan, pada tanggal 19 Desember 2018, Kelurahan Karangkebagusan bersurat kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, agar diberikan ijin lokasi tersebut menjadi tempat pariwisata yang produktif.

Harapan masyarakat Karangkebagusan dengan dijadikannya tempat wisata, kelestarian lingkungan pantai serta sempadan pantai, dapat terjaga sekaligus mengangkat perekonomian masyarakat Karangkebagusan yang berpenduduk 300 KK te bagi  enam RT dan dua RW.

Akses jalan masuk yang semula belum ada, berkat dukungan masyarakat dan pemerintahan desa setempat dapat teratasi. Kemudian pada Tahun 2021 jalan akses masuk ke titik lokasi pantai akhirnya terbangun jalan, dengan lebar 4 meter dengan panjang 800 meter, memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi tersebut. Akan tetapi akses jalan tersebut, kondisinya masih  perlu perbaikan. 

Bangun Potensi Ekonomi
Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang. Diharapkan potensi ekonomi berjalan, untuk itu pemberdayaan ekonomi masyarakat harus dapat segera terwujud.
Dengan membangun sarana dan prasarana  yang menjadi kebutuhan  mendesak.

Diantaranya adalah warung makan, tempat bilas, tempat bersantai, tempat parkir, toilet, kebutuhan mandi, dan kebutuhan pendukung lain seperti, listrik  dan penerangan menjadi hal yang sangat penting. 

Sarana dan prasarana tersebut, tentunya dapat menjadikan roda perekonomian masyarakat Karangkebagusan berjalan.
Usaha mikro kecil berjalan, tumbuh dan berkembang. Angka pengangguran dapat terkurangi, dan kesejahteraan tidak hanya impian saja, tetapi menjadi kenyataan. (DOD/me)

Posting Komentar

0 Komentar