IKLAN




 

Gubernur Ganjar : "Jangan Sampai Ada Vaksin Yang Kadaluarsa, Komunikasi Terus!"

Wabup Etik mewakili Bupati ikuti rakor penanganan Covid tingkat Jateng yang dipimpin langsung secara virtual oleh Gubernur Ganjar Pranowo

         Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng

Rakor Covid Jateng
BLORA, ME -  Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, mewakili Bupati H. Arief Rohman, mengikuti rapat koordinasi penanganan pandemi Covid-19 tingkat Jawa Tengah yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, secara virtual dari Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (8/11/2021).

Dalam rapat tersebut, Ganjar meminta agar daerah untuk melakukan percepatan vaksinasi. Termasuk mengecek agar tidak ada vaksin yang kadaluarsa.

"Sekali lagi yang mau expired, pada rapat hari ini kita cek, saya minta tolong bantuan dari provinsi untuk melakukan kontrol pada daerah" terang Gubernur, "Ini agar yang tadi potensi expired, waktunya sudah kelihatan, kita bisa lakukan serbuan yang lebih baik" tambahnya

Sementara itu, Gubernur juga meminta agar Sekda Provinsi dan Sekda masing-masing Daerah untuk berkoordinasi, mengawal agar tidak ada vaksin yang kadaluarsa.

"Saya minta tolong antar Sekda nanti komunikasi, agar kita bisa mengawal mana yang lebih, mana yang expired, jangan sampai terulang seperti kemarin, dan cepat-cepat konsultasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi" papar Gubernur

Data antisipasi vaksin kadaluarsa dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah

Capaian Vaksinasi 60%
Dalam rapat penanganan covid-19 di tingkat provinsi, Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menjelaskan, bahwa capaian vaksinasi dosis pertama Jawa Tengah di atas 60 persen. Meski demikian, masih ada beberapa daerah di Jawa Tengah, yang capaian vaksinasinya masih di bawah 50 persen.

"Cakupan vaksinasi di Jawa Tengah sampai minggu ke 44, untuk dosis pertama sudah mencapai 62,93 persen, dosis kedua 37,99 persen" terang Sekda

"Untuk cakupan vaksin dosis pertama ini, mungkin menjadi harus perhatian, capaian temen-temen di Kabupaten/Kota ini, yang masih di bawah 50 persen masih ada"  lanjutnya.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengungkapkan bahwa pada pekan ke - 44 ini, laju percepatan vaksinasi cenderung menurun.

"Laju percepatan vaksinasi kita di minggu ke 44, memang terjadi penurunan jadi 1,8 juta, ini kita maklumi karena ketersediaan vaksin saat itu hanya 1,1 juta" rincinya,
"Tetapi pada minggu ini ketersediaan vaksin kita melimpah jadi 2,7 juta vaksin kita. Teman-teman di kabupaten/kota untuk memanfaatkan ini, menggenjot vaksinasi ini, karena minggu kemarin kita sudah agak ketinggalan" imbuh Yulianto.

Jangan Sampai Expired
Kepala Dinkes Provinsi Jateng ini, juga mewanti-wanti kepada daerah, agar memperhatikan betul vaksin yang akan kadaluarsa, sehingga tidak terbuang.

"Vaksin yang kadaluarsanya di bulan November ini, mohon perhatian bapak ibu, jangan sampai nanti expired" tambahnya.

Usai mengikuti rapat tersebut, Wakil Bupati kemudian menindaklanjuti dengan menggelar rapat bersama dengan dinas terkait.

Wabup meminta agar penyuntikan vaksin di Kabupaten Blora, pada pekan ini dapat ditingkatkan, agar bisa sesuai target yang diharapkan.

"Saya berharap minggu ini, capaian vaksinnya bisa minimal 6 ribu per harinya, untuk dosis pertama. Minggu ini tolong percepatan vaksinasi terus digenjot " terangnya

Menurutnya, bila penambahan capaian vaksinasi di Blora hanya bertambah sedikit, maka dikhawatirkan Blora dapat tertinggal dari daerah lain. Wabup juga meminta, agar vaksin yang telah diterima Kabupaten Blora, dapat segera disuntikan, sehingga tidak kadaluarsa.

"Saya juga berharap tadi arahan dari Pak Gubernur, untuk vaksin yang masa kadaluarsanya ada di bulan November ini, untuk bisa segera disuntikan, sebelum kadaluarsa, sehingga tidak terbuang sia-sia" tambahnya

      Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati

Gencarkan Vaksinasi Desa
Wabup meminta agar Dinas Kesehatan Blora, terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi hingga ke desa-desa.

"Saya minta tolong dari DKK, untuk tenaga medis kita benar-benar dimotivasi, untuk bisa mencapai ini. Kita ada target dari Provinsi sebanyak 7816 setiap harinya" lanjutnya

Sebagai informasi, berdasarkan data yang dipaparkan Provinsi, per 7 November 2021, tercatat capaian vaksinasi di Kabupaten Blora telah mencapai 55,26%.  Pemerintah Kabupaten Blora bersinergi dengan TNI-Polri, terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Blora sesuai target yang telah ditentukan.Hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Blora, Kepala OPD terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Widayat juga menyampaikan kepada Monitor Ekonomi, bahwa jumlah vaksin sudah tersedia, dan siap disuntikkan untuk mencapai target harian.

"Saat ini kita sudah mencapai 55% lebih, selanjutnya untuk akhir Desember semoga bisa mencapai 70%, atau 710.000 jiwa bisa tervaksinasi, tahap 1," ungkapnya melalui saluran telepon selularnya. (TLP)

Posting Komentar

0 Komentar