IKLAN




 

Pemkab Jalin Sinergi Sesarengan Bangun Kamtibmas Blora

Pemkab Sesarengan Jalin Sinergi Bangun Kamtibmas Blora

Blora-ME
, Pemerintah Kabupaten Blora bersama Polres dan Kodim 0721/ Blora, melakukan Silaturahmi Kebangsaan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Jaga Kamtibmas Blora, dengan ormas-ormas dan perguruan beladiri atau silat se-Kabupaten Blora. Hal ini dilaksanakan untuk menjaga iklim Blora tetap kondusif. Silaturahmi ini dilaksanakan di Aula Arya Guna Polres Blora, Senin (20/9-2021).

Wakil Bupati, Tri Yuli Setyowati mewakili Bupati H. Arief Rohman, dalam sambutannya mengatakan, bahwa pertemuan ini merupakan wujud nyata komitmen bersama, dalam upaya Sesarengan mBangun Blora, dari sisi menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Hal ini dapat terwujud berkat keharmonisan dan sinergitas TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat yang terjalin dengan sangat baik,” terang Mbak Etik, sapaan akrab Wakil Bupati.

Menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting, sebagai bentuk komitmen seluruh warga negara, dan sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas yang solid, untuk mencegah terorisme, narkoba dan gangguan keamanan. Masalah keamanan lingkungan dan daerah bukan hanya tugas aparat keamanan, namun juga tugas seluruh masyarakat.

“Kita semua berharap, seluruh komponen, baik Polri, TNI, maupun masyarakat dapat bekerja secara profesional, untuk mencegah dan mendeteksi dini potensi gangguan yang mengancam keamanan dan ketertiban wilayah, baik itu ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar,” lanjutnya.

Pemkab Sesarengan Jalin Sinergi Bangun Kamtibmas Blora 2021

Inisiatif Undang Organisasi dan Perguruan Beladiri

Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama mengatakan, bahwa pihaknya sengaja mengundang ormas-ormas dan perguruan beladiri di Kabupaten Blora, dengan tujuan untuk menjalin sinergi dalam upaya menjaga kamtibmas. 

“Jaga identitas diri dan semaksimal mungkin menghindari kemungkinan terafiliasi dengan kelompok radikal, yang berpotensi menjadi ancaman bagi kedaulatan NKRI,” tegas Kapolres.

Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Andi Sulistyo Kurniawan Putro, dalam kesempatan ini, juga menekankan pentingnya bagi ormas-ormas untuk melakukan hal-hal positif meskipun berbeda warna pakaian.

“Ormas hadir ingin menunjukkan bahwa mereka bisa melakukan hal positif dengan pakaian yang beragam. Saya berharap keberagaman ini bisa membawa Blora menjadi lebih baik. Jadi tidak perlu saling sikut,” ujar Andi Sulistyo.

Pada kesempatan ini, ormas-ormas dan perguruan beladiri di Kabupaten Blora mengungkapkan keinginannya, agar forum silaturahmi seperti ini, dapat dilaksanakan dengan rutin sebagai upaya meningkatkan kekerabatan di antara mereka. 

“Mungkin kita bisa mengadakan pertandingan antar perguruan silat, misalnya Bupati Cup, Kapolres Cup. Dengan demikian, akan semakin mempererat persaudaraan di antara kita, ujar Ketua IKSPI Kera Sakti Blora.

Selain itu, Ketua pagar Nusa Blora, menginginkan adanya pelatihan-pelatihan bagi anggota-anggotanya nantinya dapat terjun di dunia kerja dengan baik.

Menanggapi hal tersebut, Mbak Etik mengatakan bahwa semua masukan sudah diterima dan mengatakan bahwa pihaknya akan merespon setiap masukan dengan baik.

“Yang panjengan semua sampaikan sudah kami tampung, dan akan kami agendakan agar silatruahmi terus terjaga di antara kita semua. Mungkin nanti sebulan sekali atau 2 bulan sekali kita ngumpul bersama,” pungkas Mbak Etik.

Di akhir acara, dilaksanakan penandatanganan MoU untuk Menjaga Kamtibmas, di Kabupaten Blora oleh Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, dan ormas-ormas serta perguruan beladiri di Kabupaten Blora. (TLP/ME)

Posting Komentar

0 Komentar