IKLAN




 

Ketut Sanjaya : "Saya harap para seniman bersabar dan tetap berusaha"

Para artis penyanyi ini menolak Menyerah pada pandemi, dengan berjualan di trotoar

"Meski belum jelas, kapan bisa manggung kembali, para seniman penyanyi dan pemusik, menolak untuk menyerah, mereka tetap berusaha menjadi penjual makanan dan minuman di atas trotoar jalan,"

Jualan Di Trotoar Jalan
BLORA, ME - Empat artis penyanyi yang kerap manggung di perhelatan hajatan warga, tanpa canggung dan malu menawarkan dagangannya, di atas trotoar jalan Gunandar, atau tepatnya di depan SDN Kedungjenar 1 Blora. 

Berbagai makanan olahan ditawarkan, sejak pukul 1 siang, ada kolak pisang, pepes pindang dan sambal daun ketela, urap dan nasi bungkus, itu selalu habis menjelang Maghrib. Di sampingnya ada juga dijual es kelapa muda, yang dijual oleh Bambang, penabuh kendang.

"Makanan kami benar - benar fresh kok, dan selalu habis, sehingga tidak ada yang tersimpan, atau dihangatkan, kalau tidak habis, kita bagi - bagikan untuk orang tidak mampu, daripada dibuang, kami jualan untuk mengisi waktu luang saja, daripada nglangut, tidak ada job manggung, karena tidak boleh ada hiburan" ungkap Novi.

Anggota DPRD Blora, Siti Rochmah Yuni Astuti, alias Bu Ketut Sanjaya (paling kanan)

Harapan Penabuh Kendang
Sementara itu, Bambang, warga Kelurahan Karangjati, Dukuh Ketangar, berharap pandemi ini bisa segera berakhir, dan bisa manggung lagi seperti biasanya. Untuk menjaga dapur tetap ngebul, Bambang ikut berjualan es kelapa muda, dan menjadi penjaga malam di SDN Kedungjenar 1 Blora.

"Saya terpaksa harus jual es kelapa muda mas, karena sudah lebih dari setahun ini, nggak bisa main (manggung.red), untuk meneruskan hidup mas, menafkahi anak istri, Alhamdulillah bisa menjual 30 - 40 kelapa muda setiap harinya, cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari, tapi saya juga berharap, semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita bisa manggung lagi," ungkap ayah dua anak ini.

Tetap Sabar Dan Kreatif
Melihat perjuangan dan kerja keras para artis penyanyi dan pemusik ini, mengetuk hati Siti Rochmah Yuni Astuti, anggota DPRD dari Partai Nasdem Blora yang akrab dipanggil Bu Ketut Sanjaya., yang juga mantan artis penyanyi dangdut ternama di Blora, yang kini menjadi Ketua Umum Sedulur Seniman Blora, komunitas seniman yang beranggotakan lebih dari 700 artis dari berbagai matra seni.

"Saya sangat terharu dan bangga, anak - anak saya, yang tidak malu berjualsn di pinggir jalan, saat pandemi seperti ini, peraturan melarang seni hiburan baik musik, tari, maupun panggung hiburan lainnya dilarang, untuk mencegah kerumunan dan penularan Covid 19, meskipun pendapatannya jauh sekali, saat mereka nyanyi, saya salut dengan mereka, dan berharap bisa bersabar sampai kondisi memungkinkan untuk kita manggung kembali," ujarnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar