IKLAN




 

Deklarasi Sukarelawan Sentani Blora

Sentani Blora bersama - sama secara sukarela berjuang bersama, bergotong royong membela kepentingan kaum tani Blora untuk menolak pembelian "Inthil - Inthil"

Definisi Sukarelawan 

BLORA, ME - Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengemukakan definisi relawan adalah bentuk non formal (tidak baku atau bahasa lisan) dari sukarelawan. Sukarelawan berarti “orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena dipaksa atau diwajibkan). Dan akar sebutan ini merupakan gabungan dari kata “suka”, “rela” dan “akhiran -wan” (atau -wati bagi perempuan) yang menunjukkan pelaku seperti wirausahawan, dermawan dan karyawan.

Dengan merinci istilah “sukarelawan” menjadi lebih mendasar, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa relawan (sukarelawan) yaitu individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. Sedangkan padanan kata ini dalam Bahasa Inggris yang paling mendekati ialah “volunteer”.

Cambridge Dictionary menekankan yang serupa dengan penjabaran KBBI yakni “a person who does something, especially helping other people, willingly and without being forced or paid to do it” (Seseorang yang melakukan sesuatu, terutama untuk membantu orang lain, karena kemauan dan tanpa paksaan atau pun bayaran). 

Collins Dictionary pun memberikan pengartian yang mirip. Dan Lexico (Platform yang Diprakarsai oleh Oxford Dictionary) mendeskripsikan volunteer sebagai “a person who freely offers to take part in an enterprise or undertake a task” (Individu yang secara cuma cuma/Ihlas menawarkan diri untuk berpartisipasi dalam sebuah "Tujuan" atau mengambil posisi pada tugas tertentu). Penjabaran dari bahasa Indonesia maupun Inggris menunjukkan kemiripan dalam aspek makna antara relawan (sukarelawan) dan volunteer.

KPP Sentani Blora

Sedulur Relawan Tani

Relawan atau Sukarelawan berarti “orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena dipaksa atau diwajibkan). Jadi kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Sentani (Sedulur Relawan Tani ); yaitu individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan kerja dan kegiatan sesuai dengan visi dan misinya.

Visi Sentani Blora adalah, bergerak, bersatu, berjuang bersama kaum tani. Sedangkan Misinya adalah mengkoordinir dan  membangun gerakan kaum tani secara masif, progresif, sistematis, kolektif, terorganisir, yang di landasi semangat kebersamaan dan  gotong royong, dalam bidang pertanian demi terciptanya kemandirian petani dan ketahanan pangan di wilayah Blora.

Komite Pimpinan Pusat Sentani Blora, telah mengagendakan beberapa gerakan untuk membantu Petani Blora, diantaranya adalah terkait sistem tata niaga penjualan pupuk bersubsidi yang merugikan petani, yaitu penolakan penjualan pupuk paket "inthil - inthil" dalam pembelian pupuk bersubsidi di seluruh wilayah Blora.

 Gerakan tersebut dilakukan atas motif suka dan rela dan bersama bergabung Sentani yang merupakan wadah bagi kaum tani semesta,  yang berdaulat serta berjiwa relawan di seluruh wilayah Blora  untuk  membangun kekuatan masa sadar kaum tani Blora, berdikari, berdiri di kekuatan kaum tani sendiri. Dengan melaksanakan 3 M, yaitu Mengumpulkan yang tercecer, Merapikan yang berserakan, Menjemput yang tertinggal. Petani Bersatu, Tak Bisa Dikalahkan! (KPP Sentani Blora)

Posting Komentar

0 Komentar