IKLAN




 

Vaksin Sinovac Dikawal Ketat Aparat TNI - Polri

Sinergitas TNI - Polri dalam mengawal dan mengamankan program Vaksinasi Massal untuk penanggulangan Covid 19

Dikawal Ketat TNI - Polri

BLORA, ME - Dengan mendapat pengawalan ketat dari TNI - Polri, sebanyak 7.440 Vial Vaksin Sinovac untuk menanggulangi Covid-19, tiba di Blora dengan aman, tadi malam Sabtu, (23/1/2021), sekitar pukul 22.14 WIB di UPTD Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Kapolres Blora  AKBP Wiraga Dimas Tama melalui  Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Blora Kompol Supriyo, kepada Monitor Ekonomi mengungkapkan, bahwa dalam pengambilan vaksin Covid-19 dari Gudang Farmasi Provinsi Jawa Tengah ke UPTD Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, bersama aparat TNI mengawal ketat petugas dari Dinkes Kabupaten Blora.

“Sesuai Komando dari Pusat yaitu Mabes, TNI dan Polri harus mengamankan program penanggulangan Covid 19 ini, kami dari Polri ada enam orang, TNI dua orang, kemudian dari Dinas Kesehatan dua orang.  Jam 10.30 WIB berangkat, kemudian sampai Semarang jam 15.00 WIB, kemudian jam 17.15 WIB berangkat dari Semarang menuju Blora  melalui tol Ngawi-Cepu-Blora dan tiba di UPTD Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Blora pukul 22.15 WIB." paparnya.

Kabag Ops Polres Blora bersama Pasiter Kodim 0721/Blora meninjau fasilitas penyimpanan cold chain untuk vaksin Sinovac di UPTD Gudang Farmasi Blora

Penjagaan Penyimpanan Vaksin

Selanjutnya, untuk pengamanan di lokasi penyimpanan, Pasiter Kodim 0721/Blora, Kapten TNI Suwanto, mengungkapkan kesiapan  aparat TNI dan Polri bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Blora, untuk terus menjaga dan bersinergi, hingga program Vaksinasi Massal ini berjalan dengan sukses dan aman.

“Agar program Vaksinasi nantinya berjalan aman dan lancar, selanjutnya untuk pengamanan Gudang Farmasi ini kita persiapkan personel yang jaga setiap saat, baik dari TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan, kita bersinergi untuk menyelamatkan bangsa dari virus Covid 19, sebagaimana perintah Komando dari Panglima TNI," tegasnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora dr. Henny Indrianti, M.Kes membenarkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah diserahterimakan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada Kabupaten Blora. 

"Benar, Kabupaten Blora sudah menerima penyerahan vaksin Covid-19, Sinovac, dan kini disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Blora, dengan pengawalan dan penjagaan ketat dari aparat keamanan TNI - Polri, serta Satuan Polisi Pamong Praja" ucapnya. 

Fasilitas Rantai Dingin

Di saat yang sama, Kepala UPTD Gudang Farmasi  Dinas Kesehatan Blora, Neny Setyaningrum, Ssi, Apt, MM menjelaskan Kabupaten Blora menerima 7.440 vial vaksin Covid-19 (Sinovac). Total 186 kotak. Terdiri 4 box. Tiga box  berisi 49 kotak dan satu box  berisi 39 kotak. 

"Vaksin itu disimpan di UPTD Gudang Farmasi, akan diletakkan di dalam sejumlah unit cold chain terdiri dari lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin COVID-19 dalam kondisi normal dan aman" ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora yang juga Pejabat Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Kesehatan Blora, Lucius Kristiawan, ST, M.Si mengatakan untuk keamanan vaksin rantai dinginnya harus dijaga. 

“Kita sudah cek, cold chain sudah memenuhi syarat semua, sehingga harapannya nanti rantai dingin ini bisa sampai ke masyarakat dengan aman. Jadi kita sudah siapkan cold chain yang sudah sesuai ketentuan dan standar, suhunya adalah 2 - 8 derajat Celcius" ucapnya.

Lucius Kristiawan, ST, MSi
Plt. Sekretaris Dinkes Blora

Vaksin Untuk Nakes

Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Kesehatan, Lucius Kristiawan kembali menjelaskan sasaran pelaksanaan program Vaksinasi  adalah untuk tenaga kesehatan. 

"Sasaran pertama vaksin ini adalah untuk tenaga kesehatan, ada 3.680 tenaga kesehatan. Itu dua kali session. Jumlah vaksin yang kita terima 7.440 vial, ada cadangan sekitar 80 vial untuk antisipasi jika ada yang pecah di dalam,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Blora, Djoko Nugroho menyampaikan apresiasi atas tibanya vaksin Sinovac untuk penanggulangan Covid 19, melalui pesan WhatsApp kepada Monitor Ekonomi, juga menyampaikan siap disuntik vaksin untuk yang pertama.

"Alhamdulillah, vaksin untuk penanggulangan Covid 19 sudah tiba, besok Senin (25/1/2021),  saya akan disuntik yang pertama, di RSUD Blora, untuk menunjukkan kepada masyarakat Blora, agar jangan takut divaksin, karena ini adalah demi untuk kesehatan semua" ujarnya. (Rome)


Posting Komentar

0 Komentar