IKLAN




 

Pengawas 2198 TPS Pilkada Blora Dilantik

Bawaslu Kabupaten Blora melantik dan memberikan pembekalan secara serentak untuk 2198 Pengawas TPS Pilkada Blora

"Pilkada Serentak 2020 tinggal menghitung hari, tahapan rekrutmen penyelenggara pun telah sukses berjalan, termasuk pelantikan 2198 Pengawas TPS untuk Pilkada Blora"

Pelantikan Serentak 

Blora, ME – Sebanyak 2.198 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora Tahun 2020 resmi dilantik.

Pelantikan tersebut dilaksanakan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Blora pada Minggu (15/11) dan Senin (16/11). Hal itu dilakukan secara bertahap karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan mengatakan dalam Pilkada Kabupaten Blora 9 Desember ini, Bawaslu Blora merekrut sebanyak 2.198 orang Pengawas TPS yang tersebar diseluruh Kecamatan.

“Mulai hari ini kita lakukan pelantikan serentak kepada seluruh Pengawas TPS yang dilaksanakan di masing-masing Kecamatan di Blora, total sejumlah 2.198 Pengawas TPS. Proses pelantikan sendiri terbagi dalam beberapa sesi karena masih dalam keadaan pandemi Covid-19.” jelas Lulus.

PTPS Harus Berintegritas 

Sementara itu Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Blora, Achmad Rozak,  saat melakukan monitoring di Kecamatan Blora mengucapkan selamat kepada seluruh Pengawas TPS yang telah dilantik dan menegaskan Pengawas TPS untuk menjaga integritas dan netralitas.

Ia menjelaskan, Pengawas TPS merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan pemungutan suara di TPS, sehingga Pengawas TPS wajib memiliki SIM-P dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajibannya. Jika tidak, pengawasan bisa dinyatakan tidak berhasil.

“Seorang Pengawas TPS hukumnya wajib untuk memegang SIM-P, yaitu soliditas yang kuat, integritas yang tinggi, mentalitas teguh dan profesionalitas.” ujar Rozak. (HMS)


Posting Komentar

0 Komentar