IKLAN




 

FMPD Laporkan Bupati Terkait Dugaan Pelanggaran Pilkada

FMPD laporkan dugaan pelanggaran Pilkada yaitu politisasi anggaran untuk membantu warga korban puting beliung di Randublatung

FMPD Laporkan Bupati

BLORA, ME - Sejumlah aktivis melaporkan Bupati Blora, Djoko Nugroho ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas dugaan pelanggaran Pilkada. Bupati dinilai telah menyebarkan kalender bergambar istrinya yang maju dalam Pilkada Blora, saat membagikan bantuan paket sembako kepada korban puting beliung di Desa Kutukan Kecamatan Randublatung pada Selasa lalu (10/11/2020). 

Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan membenarkan adanya laporan itu. Pelaporan dilakukan pada Kamis (12/11/2020), kemarin siang oleh aktivis yang mengatasnamakan Front Masyarakat Peduli Demokrasi atau FMPD.

"Dilaporkan di Bawaslu dugaan penyalahgunaan anggaran pemerintah atau APBD untuk kampanye salah satu paslon," kata Lulus Mariyonan, Jumat (13/11). 

Juga Lampirkan Bukti

Dalam laporannya, menurut Lulus,  pelapor juga  melampirkan sejumlah bukti di antaranya berupa foto maupun video. 

"Sesuai dengan mekanisme, Bawaslu harus menerima laporan itu. Kemudian ada waktu dua hari untuk kajian awal. Dalam kesempatan ini ada kesempatan pelapor untuk melengkapi," ujar Lulus.

Menurut Lulus, setelah laporan dinyatakan lengkap dan memenuhi unsur syarat formil dan materiil, baru pihaknya akan meregistrasi laporan tersebut.

"Dalam waktu dua hari ini ada kajian awal divisi penanganan pelanggaran oleh Bawaslu. Terus pleno memenuhi apa tidak formal materiilnya, kami cari pasal cantolan yang disangkakan. Sementara kalau memenuhi, oke diregistrasi, " jelasnya. 

Masif Dan Terstruktur

Saat dikonfirmasi, Koordinator Front Masyarakat Peduli Demokrasi, Seno Margo Utomo menyebutkan, pelanggaran yang dilakukan Bupati dinilai masif, dan terstruktur. Bupati dinilai telah melakukan penyalahgunaan wewenang anggaran serta melakukan money politik. 

"Bupati menyalahgunakan wewenang dengan mendukung istrinya yang maju di Pilkada. Melakukan politisasi anggaran untuk mengkampanyekan nomor urut 3," kata Seno. 

Seperti kita tahu, dalam Pilkada Blora tahun ini, Istri Bupati Blora, yakni Dra. Umi Kulsum, ikut maju sebagai calon Bupati bersama wakilnya Agus Sugiyanto,SE. Keduanya diusung koalisi partai Nasdem, PPP, dan Gerindra. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar