IKLAN




 

Naik Dadak Merak, Bu Kokok Hadiri Sedekah Bumi Padaan

Seni tradisional barongan dan jaran kepang sering diminta tampil dalam acara di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora

Sedekah Bumi Padaan

BLORA, ME - Kondisi normal baru, benar - benar telah membawa perubahan bagi kegiatan masyarakat perdesaan,  acara sedekah bumi (gasdeso) di Desa Padaan, Kecamatan Japah disambut antusias warga, ratusan masyarakat tampak tumpah ruah memadati jalan desa Padaan, (09/10).

Kemeriahan makin bertambah saat istri dari Bupati Blora Djoko Nugroho tersebut, turut hadir dan disambut meriah oleh warga Padaan dengan kesenian tradisional barongan dan reog, serta mendapat kesempatan untuk naik dadap merak, yaitu kepala singa, untuk selanjutnya diarak menuju Sendang Sentono, mengikuti acara bancakan bersama warga. Hj. Umi Kulsum dalam kesempatan tersebut, menyampaikan rasa syukurnya dapat hadir pada tasyakuran sedekah bumi di Desa Padaan.

“Semoga semakin tambah rasa syukur kita, semakin tambah nikmat yang akan diberikan, baik yang usaha di pertanian, perdagangan atau usaha yang lain diberikan segala kemudahan- kemudahan oleh Allah SWT dan terpenting kita selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Nya,” ujar wanita yang juga bakal calon Bupati dari Partai Nasdem dan Gerindra tersebut.

Naik Kepala Singa
Menurutnya tradisi sedekah bumi adalah bentuk rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Allah SWT, karena telah diberikan kenikmatan yang melimpah dan dihindarkan dari segala mara bahaya.

“Selain meriah, saya senang mendapat kesempatan menyaksikan seni barongan dan reog disini. Saya mengagumi atraksi yang disuguhkan oleh Grup Seni Barongan Tunas Muda Padaan, sangat menarik dan atraktif” ucapnya.

Bu Kokok dan Bu Lurah Padaan bahkan didaulat untuk naik di atas kepala Reog. “Sebenarnya ya deg-degan juga.. tapi saya senang dan menikmati pertunjukan” ucapnya. “Seni barongan adalah seni yang merakyat dan disenangi masyarakat Blora dari semua kalangan, kami pernah nanggap barongan lengkap dengan penari jaran kepang ya," tambahnya. (HMS/TS)

Posting Komentar

0 Komentar