IKLAN




 

Peringati HUT ke-75 RI, Karang Taruna Dusun Dumpul Desa Kamolan Gelar Sepeda Sehat Patuh Prokes


HUT Proklamasi RI ke - 75

BLORA, ME - Karang Taruna Dusun Dumpul Desa Kamolan Kecamatan Blora, Kabupaten Blora menggelar sepeda sehat hias dalam rangka mengedukasi warga patuh protokol kesehatan (prokes) dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdakaan Republik Indonesia, Minggu (23/8/2020). Jumlah peserta dibatasi terdiri anak, remaja dan dewasa di lingkungan setempat. 

Kepala Desa Kamolan Majianto dan istri serta perangkat desa setempat mengikuti sepeda sehat melintasi jalan desa Kamolan. Suasana guyub rukun mewarnai geliat acara yang dihelat untuk meningkatkan imun itu. 

“Jadi ini untuk memasyarakatkan hidup sehat  dengan bersepeda. Sekaligus mengedukasi warga terutama bagi anak-anak supaya patuh protokol kesehatan. Menerapkan 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Majianto, Kades Kamolan. 

Yang tidak kalah penting, kata dia, adalah memaknai  dan menghargai para pejuang dan pahlawan kemerdekaan melalui momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdakaan Republik Indonesia. 

“Meski dalam situasi pandemi Covid-19, kita harus semangat. Adaptasi kebiasaan baru harus diterapkan dan terus dilakukan. Kita harus tertib, patuh dan disiplin serta semangat mengisi kemerdakaan, melanjutkan perjuangan para pahlawan,” tambahnya. 

Ide Sepeda Hias

Sementara itu, Saat Ali, salah satu panitia penyelenggara mengatakan, sejatinya ide kegiatan itu dilaksanakan spontan. Setelah melalu rembug bersama dan ijin dengan Pemerintah Desa Kamolan serta Kecamatan Blora, akhirnya disepakati untuk dilaksanakan. 

“Semuanya menerapkan protokol kesehetan. Peserta tidak lebih dari 100 orang. Diukur suhu tubuh, pakai masker dan cuci tangan. Bahkan Pak Kades juga berkenan dan mendukung dan ikut naik sepeda ontel,” terangnya. 

Menurut dia, kegiatan itu sekaligus menjadi pengobat rindu bagi anak-anak pada karnaval tahunan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI seperti yang dilaksanakan di tahun sebelumnya.

“Sebelum ada Covid-19, kami menggelar pawai atau karnaval serta aneka lomba. Namun tahun ini berbeda. Maka anak-anak diminta menghias sepeda dengan aneka warna kerta dan memasang bendera merah putih,” kata dia. 

Acara dilaksanakan dalam waktu lebih kurang dua jam dan peserta mendapatkan hadiah undian dari panitia. Kegiatan itu dikawal dan dijaga anggota Linmas setempat dengan tertib dan terkendali.

“Senang dan sehat. Semoga Covid-19  segera sirna, sehingga kegiatan seperti ini lebih semarak lagi tahun depan, dan segera bisa masuk sekolah lagi” ucap Irwan, salah seorang anak peserta sepeda sehat hias. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar