IKLAN




 

Untidar Siap Gelar UTBK SBMPTN di Lima Lokasi


MAGELANG, ME - Ditengah bencana Nasional Covid-19 yang tidak kunjung berakhir, Universitas Tidar (Untidar) Magelang tetap akan laksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN), dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian sesuai saran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan pelaksanaan UTBK pada 5  14 Juli 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung Rektor Untidar  Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, melalui press rilisnya, Jumat (19/06/2020).

Menurutnya, pihak kampus sedang menyiapkan work station (ruang dengan komputer dan sebagainya)

Adapun penyesuaian-penyesuaian yang dimaksud sesuai dengan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang disahkan 6 April 2020 lalu.

“Kami mohon kerjasama panitia dan mitra agar pelaksanaan UTBK berjalan lancar. Alur pelaksanaan ujian dan sarana prasarana menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19. UNTIDAR juga telah berkoordinasi dengan satgas Covid-19 Kota dan Kabupaten Magelang, ujar Rektor Untidar.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Pusat UTBK UNTIDAR, saat Coaching Panitia UTBK Panlok Untidar, Arnanda Yusliwidaka menyampaikan, sampai pada 19 Juli 2020, sebanyak 6.784 peserta telah terdaftar mengikuti ujian di Pusat UTBK UNTIDAR dari 10.830 kuota yang disediakan. Pendaftaran UTBK ditutup pada 20 Juni 2020 pukul 22.00 Wib. 

Peserta UTBK dianjurkan mengikuti ujian di lokasi terdekat dengan rumahnya masing-masing. Alur pelaksanaan UTBK serta denah lokasi akan diunggah di laman resmi UNTIDAR. Peserta disarankan tidak mengecek lokasi secara langsung., tambah Arnanda Yusliwidaka.

Pusat UTBK UNTIDAR terdiri dari 5 lokasi ujian yaitu kampus UNTIDAR, SMA N 1 Magelang, SMA N 4 Magelang, SMK N 1 Magelang, dan MAN 1 Magelang. Total perangkat komputer yang disediakan sebanyak 285 buah.

UTBK 2020 mengalami banyak penyesuaian sesuai protokol kesehatan covid-19. Pelaksanaan UTBK  dilaksanakan 4 sesi dalam 1 hari. Materi yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Peserta wajib hadir 60 menit sebelum jadwal ujian dimulai dan wajib mengikuti pengecekan kesehatan.

Peserta wajib menggunakan masker, berpakaian rapi dan bersepatu. Hanya peserta yang diperbolehkan masuk lokasi ujian. Petugas akan melakukan pengecekan kesehatan, administrasi dan menggunakan sarung tangan yang diberikan kepada setiap peserta sebelum masuk ruang ujian, tambah Arnandha.

Khusus peserta tunanetra akan melaksanakan ujian pada tanggal 10 Juni 2020 dan mendapatkan pendampingan khusus dari panitia.

Hasil UTBK digunakan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Berbeda dengan tahun sebelumnya, peserta telah memilih prodi dan universitas disaat mendaftar UTBK. Pengumuman SBMPTN dapat diakses pada tanggal 25 Juli 2020.***(Ely)

Posting Komentar

0 Komentar