Meski Corona, Pembangunan Desa Tetap Jalan

Warga Desa Kamolan laksanakan proyek pembangunan perkerasan jalan lingkungan RT 3 RW 1, Dukuh Kamolan

"Dana Desa tahap pertama telah cair di sebagian besar desa di Kabupaten Blora, meskipun berada di bawah ancaman wabah virus Corona, pembangunan tetap harus berjalan dengan menerapkan protokol Corona,"

Pelaksanaan Dana Desa
BLORA, ME - Dana Desa tahap pertama sebesar 40% telah dicairkan di sebagian besar Desa di wilayah Kabupaten Blora. Desa Kamolan, Kecamatan Blora Kota melaksanakan pembangunan perkerasan jalan dengan grosok dan pembangunan drainase di kanan kirinya.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Dana Desa, Sutarjo mengungkapkan kepada Monitor Ekonomi, di tempat pelaksanaan proyek perkerasan jalan grosok dan pembangunan drainase di kanan kirinya, di Dukuh Kamolan.

"Kami ini sedang melaksanakan perkerasan jalan grosok dan pembangunan drainase kanan kiri sepanjang 225 meter di Dusun Kamolan, RT 3 RW 1, sesuai dengan kesepakatan Musrenbangdes, anggaran dari Dana Desa tahap pertama, sekitar Rp. 121 Juta," ungkapnya.

Padat Karya Tunai
Sementara itu, Wakil Ketua Badan Permusyawatan Desa, Imam juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan oleh warga setempat.

"Pelaksana proyek ini adalah swakelola, harus oleh warga setempat, yaitu program padat karya tunai, jadi warga kami yang nganggur bisa ikut kerja," paparnya.

Sutardji, selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) juga membenarkan, pelaksanaan padat karya tunai oleh warga setempat.

" Untuk tukang dibayar Rp. 85 ribu, pembantu tukang Rp. 80 ribu, tenaga Rp. 75 ribu, sementara warga juga ikut gotong royong memberikan makanan dan minuman secara bergiliran," ujarnya.

Waspada Virus Corona
Untuk mewaspadai penularan virus Corona, Sutarji juga sudah berkoordinasi dengan tenaga kesehatan dari Bidan Desa setempat, untuk dilakukan penyuluhan dan memberikan tempat cuci tangan dan sabunnya.

"Setiap tenaga yang bekerja wajib mencuci tangan saat mau istirahat makan siang dan saat mau pulang ke rumah, pakai sabun yang sudah kami siapkan, semoga warga kami tidak terkena virus Corona," jelasnya.

Disamping itu pihak Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga terus memberikan himbauan bagi warga untuk melakukan Instruksi Presiden, untuk melakukan social distancing dan kini meningkat menjadi jaga jarak fisik, demi memutus rantai penularan Covid 19. (Rome)


Posting Komentar

0 Komentar