IKLAN




 

Saat Jolang Menari Balet Diiringi Rockstar

Kolaborasi antara wayang dengan musik Rock adalah ide yang inovatif untuk menarik minat generasi muda Blora (Foto: Rome)

"Ide gila mengkolaborasikan antara seni budaya tradisional Jawa dengan musik rock, adalah upaya inovasi untuk menarik minat generasi muda kita, agar bisa mengikuti generasi milenial sekaligus melestarikan seni budaya"

Pagelaran Wayang Rock
BLORA, ME - Masih dalam rangkaian Hari Jadi Blora Ke -270 Tahun, kali ini dengan mengambil Thema ; Blora, The Spirit of Indonesia, yang mengandung arti Blora ,Jiwa Indonesia. Diwujudkan dengan menyatukan keanekaragaman seni budaya untuk berkolaborasi, dan menambah semangat persatuan dan kesatuan, seluruh elemen Bangsa. Dua panggung ditempatkan di depan pintu gerbang Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis malam  (18/122019). Bupati Blora, Djoko Nugroho, mengapresiasi ide pagelaran Wayang dan musik rock.
"Ini adalah ide gila dari Pak Sekda Blora, mengkolaborasikan gamelan dari Wayang Ki Dalang Sigit, dengan musik rock dari Grup Band Rock Star Semarang," paparnya, membuka acara ditemani oleh pelawak kondang, Si Jolang.
Bupati Blora, Djoko Nugroho serahkan tokoh "Bratasena Muda" kepada Ki Dalang Sigit Ariyanto untuk memulai pertunjukan wayang dengan lakon " Dewa Ruci " , Bupati Blora berharap masyarakat Blora terhibur dan bisa mengambil hikmah dari kisah tersebut (foto:Rome)

Jolang Menari Balet
Penampilan pertama diawali oleh Rock Star yang membesut lagu The Final Count Down dari Europe, untuk memanaskan suasana, dan memancing penonton untuk maju ke depan panggung. Jolang pun ikut berjingkrak - jingkrak, mengikuti irama rock. Kadang bergaya seperti gitaris, saat tipingan dimainkan. Meskipun berbusana khas Jawa, memakai jarik, beskap, kemeja kurung. Tetap lincah mengikuti irama musik rock yang menghentak. Bahkan menari balet, mengikuti irama lagu besutan Ed Sheeran. Tubuh Jolang meliuk - liuk mengikuti irama musik yang mengalun lembut. Jolang memang seniman luar biasa, berkali - kali lawakannya mengundang tawa Bupati Blora, Djoko Nugroho yang ikut memimpin langsung pagelaran tersebut. 

Wayang Kulit Mulai
Begitupun dengan personel Rock Star yang juga ikut menari saat dilantunkan tembang - tembang Jawa oleh para sinden dan pengrawit dari grup gamelan Cakraningrat dibawah pimpinan Ki Dalang Sigit Ariyanto dari Rembang. Setelah puas berjingkrak - jingkrak diiringi musik rock dan bergantian dengan gamelan Jawa. Tiba saatnya, pukul 10.00 malam tepat, pertunjukan wayang dimulai. Bupati Blora, didampingi Jolang menyerahkan lakon wayang "Bratasena" tokoh kunci dari lakon
"Dewa Ruci" kepada Ki Dalang Sigit Arianto. "Saya mohon berikan pengarahan yang berguna dan baik untuk masyarakat Blora, sesuai dengan lakon "Dewa Ruci" agar bermanfaat dan memberi inspirasi kepada warga kami," pinta Pak Kokok, panggilan akrab Orang Nomor Satu di Blora itu. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar