IKLAN




 

Lanud Adi Soemarmo Adakan Latihan SAR

Lanud Adi Soemarmo, Surakarta gelar latihan operasional SAR untuk tingkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan bencana untuk mendukung tugas operasi udara (foto: istimewa)

Gelar Latihan SAR
Surakarta, ME- Kepala Dinas Operasi Letkol Nav Muhammad Jausan, S.Pd., M.Eng mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, S.T., membuka Latihan SAR (Search and Resque), bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Rabu (18/12)
Dalam sambutannya Komandan Lanud Adi Soemarmo mengatakan bahwa untuk menunjang tugas dukungan operasi udara perlu diadakan Latihan SAR (search and rescue).
"Agar personel Lanud Adi Soemarmo mampu melaksanakan tugas-tugas pertolongan korban, sesuai prosedur yang ada, sehingga setelah latihan diharapkan mampu mengawaki sarana dan prasarana, sekaligus meningkatkan kesiapan operasional SAR baik personel maupun segala perangkat pendukungnya dalam rangka penanganan bencana." ujarnya.

Seragamkan Persepsi
Disamping itu, untuk melatih kemampuan dan kualifikasi personel Lanud Adi Soemarmo, dalam rangka penanganan bencana.
"Latihan SAR yang akan dilaksanakan selama dua hari ke depan, pada dasarnya adalah untuk menyeragamkan persepsi tentang kesiapsiagaan dan darurat bencana, sebagai tugas potensial SAR di Lanud Adi Soemarmo," ungkap Danlanud.
Selanjutnya, Danlanud juga menekankan agar melaksanakan  program latihan ini dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh semangat. Serta mematuhi semua prosedur latihan yang berlaku, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal  sesuai dengan program latihan yang telah direncanakan.

Utamakan Keselamatan
Diakhir sambutannya, Danlanud Adi Soemarmo, melalui Kepala Dinas Operasi, menyampaikan bahwa sejalan dengan upaya untuk mewujudkan hasil latihan yang optimal, "Saya berharap kepada seluruh peserta latihan agar tetap waspada dan tidak mengabaikan faktor keselamatan dan keamanan kerja walau sekecil apapun." imbuhnya.
Pada latihan SAR  ini para peserta latihan di berikan beberapa materi latihan, antara lain praktek pertolongan korban di darat dan air, repelling dan penilaian dan pemindahan korban serta simulasi darurat penerbangan. (Kapentak/nug/me)

Posting Komentar

0 Komentar