IKLAN




 

Sosialisasi Pengawasan Partipatif Bawaslu Berbasis Seni Budaya

Pertunjukan Seni Budaya Barongan sangat digemari oleh masyarakat Kabupaten Blora, itulah sebabnya Bawaslu menggunakan media ini untuk sampaikan pesan - pesan pengawasan parsipatif masyarakat (Foto: istimewa)

"Seperti halnya dengan KPUD Kabupaten Blora, wasitnya Pemilu yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora, pun memiliki agenda yang sama, yaitu sosialisasi pencanangan dimulainya tahapan Pilkada Serentak 2020, di Kabupaten Blora,"


Sosialisasi Dengan Budaya
BLORA, ME - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Blora, menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Berbasis Budaya di halaman kantor Bawaslu Blora, pada Sabtu,(23/11/2019). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat   dan menegaskan bahwa tahapan Pilkada Serentak 2020 sudah berjalan. Dalam event tersebut, Bawaslu melibatkan tiga barongan terbaik di Kabupaten Blora. Diantaranya, Manggolo Suro dari Sitirejo, Tunjungan, Simo Langen Budoyo dari Banjarejo, dan Risang Guntur Seto (RGS) Kunden Blora. Seni barongan yang diisi dengan tarian jaran kepang dan bujang ganong. Serta menampilkan dagelan kondang Jolang dari Rembang. Sosialisi pengawasan tersebut sukses dihadiri ribuan masyarakat Blora dan sekitarnya, yang ingin menyaksikan pertunjukan Seni Budaya tersebut.

Efektif Sampaikan Pesan
Sosialisasi pengawasan yang dimulai dari siang sampai larut malam berjalan meriah dan mendapat apresiasi dari Asisten 1 Bupati Blora, Purwadi Setiyono.
"Selamat kepada Bawaslu, sosialisasi meriah dan sukses, ramai pengunjung. Semoga menggambarkan kehadiran kita ke TPS Pilkada 2020 besok, yang ramai dan guyub," ujarnya.
Sementara Lulus Mariyonan, Ketua Bawaslu Blora menyampaikan bahwa sosialisasi berbasis budaya adalah salah satu cara Bawaslu mendekatkan diri dengan masyarakat, memperhatikan kearifan local agar memudahkan pesan-pesan pengawasan Bawaslu dalam Pilkada 2020 mudah tersampaikan.
Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan sampaikan pesan - pesan partisipatif pengawasan Pilkada 2020 agar berjalan dengan sukses (foto: Istimewa)

Parameter Sukses Pemilu
Terkait Pilkada Serentak 2020 yang akan datang, Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan mengingatkan akan parameter sukses sebuah Pemilu maupun Pemilihan.
"Ada empat hal, pertama yaitu partisipasi masyarakat tinggi. Kedua situasi lingkungan yang lancar, aman dan kondusif, ketiga adalah dalam kampanye tidak ada pelanggaran Pemilu yang merusak kualitas demokrasi seperti penyebaran hoax, ujaran kebencian, politisasi sara, money politik. Dan yang keempat adalah terjaganya netralitas bagi pihak yang diatur dalam aturan pemilu. Baik itu penyelenggara Pemilunya, ASN, TNI-Polri dan Pejabat Negara." paparnya. (Rls/Hms/ME)

Posting Komentar

0 Komentar