IKLAN




 

Ngudo Roso "Usaha Rumahan dan Ekonomi Digital"

Ngudo Roso tentang penyikapan era digital oleh usaha rumahan bersama Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta 

Tantangan Era Digital
Surakarta, ME- Perkembangan era digital telah membuka ruang ruang usaha ekonomi baik yang baru maupun yang sudah ada sejak lama. Hadir berbagai platform di smartphone, telah membuka ruang transaksi baru. Sehingga memudahkan bagi siapapun untuk berusaha. Demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Hal ini menjadi peluang baik, untuk pelaku usaha perempuan untuk memanfaatkan ruang baru ini, memperluas usaha ekonominya, bahkan cukup dilakukan  dalam rumahnya. Melihat hal tersebut Radioland Gapuro Pasar Klewer bersama SPEK-HAM dan Jaringan Radio Komunitas Indonesia menyelenggarakan event NgudoRoso "Usaha Rumahan dan Ekonomi Digital”, Selasa (22/10/2019) di RM Dapur Ndeso Nogiri Mbak Yun Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No.40, Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta.

Pemkot Fasilitasi UMKM
Hadir sebagai kawan diskusi, Daryono SE dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dan Zakaria SE, Pegiat Penanggulangan Kemiskinan. Menurut Daryono dalam paparannya menyampaikan bahwa, era digital suka tidak suka harus dihadapi.
"Karena memang sekarang kita ada di zaman itu, misalnya saja dalam pembayaran sudah banyak yang menggunakan fasilitas non tunai” papar Daryono, dan menambahkan bahwa Pemerintah Kotamadya Surakarta memfasilitasi kerjasama pelaku UMKM dengan GO-JEK. “Lebih dari 200 pelaku UMKM di pasar Ngarso Puro sudah menggunakan GO-PAY, jadi kalau kesana tinggal pakai barcode kita bisa bertransaksi” imbuh Daryono.

Ekonomi Rumahan Dipercepat
Sementara itu Zakaria pegiat Penanggulangan Kemiskinan menerangkan, bahwa tambahan sumber ekonomi rumahan ini akan membantu percepatan penanggulangan kemiskinan.
 “Jika ibu rumah tangga memiliki kesempatan usaha dirumah dengan fasilitasi digital ini maka sumber keuangan rumah tangga akan bertambah, ini akan berkontribusi dalam penanggulangan kemiskinan” tegasnya.  Zakaria juga menambahkan  bahwa ini semua juga perlu dibarengi dengan jaringan, baik antar pelaku UMKM maupun mitra - mitra yang potensial, untuk bekerjasama dan saling mendukung antara satu dengan yang lain.

Fasilitas Pelatihan Digital
Supadmin dari SPEK-HAM berharap Pemkot Surakarta memfasilitasi usaha - usaha rumahan agar terhubung dengan pemasaran digital. "Yang tak kalah penting juga pelatihannya. dengan ini maka perempuan di rumah tangga meningkat kemampuan usahanya." ujarnya. Ngudo Roso “Usaha Rumahan dan Ekonomi Digital” ini diharapkan akan menjadi ruang untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha rumahan, dalam memanfaatkan platform digital sebagai ruang perluasan usahanya. Untuk kedepan perlu melibatkan pemilik platform digital seperti Gojek. Sehingga smartphone yang ada ditangan bisa benar - benar bermanfaat dan produktif. (Nugie/me)

Posting Komentar

0 Komentar