Danlanud Adi Soemarmo Tutup TMMD Ke-106

Danlanud Adi Soemarmo, Kol. Pnb. Adrian P Damanik, ST tutup pelaksanaan program TMMD ke - 106 di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, sekaligus meresmikan penggunaan hasil pelaksanaan dengan pengguntingan pita, disaksikan Forkompimda Kabupaten Boyolali (foto: istimewa)

TMMD Di Boyolali
SURAKARTA, ME- Lanud Smo. Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P. Damanik, S.T., selaku Inspektur Upacara menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 di Lapangan Desa Sangup Kecamatan Tamansari Boyolali. Kamis (31/10), dalam pengarahannya, yang membacakan pidato amanat dari Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD ke 106, dalam amanat yang dibacakan Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa makna yang terkandung dari thema TMMD. yaitu "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat" adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program Kerjasama Terpadu
Lebih lanjut, Pangdam mengatakan bahwa "TMMD merupakan program kerjasama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran, berupa daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan seta daerah lain yang terkena akibat bencana." paparnya. "Dalam kegiatan TMMD tidak hanya sasaran fisik yang dikerjakan, melainkan juga sasaran non fisik yang meliputi, penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, bela negara dan ketertiban masyarakat, kesehatan, hukum, HAM dan lain-lain sesuai kebutuhan daerah sasaran," imbuhnya kembali.

Tinjau Lokasi TMMD
Diakhir amanatnya, Pangdam menyampaikan bahwa pencapaian program sasaran fisik harus juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan peternakan, penyuluhan kesehatan dan lain-lain. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa. Selesai upacara, Komandan Lanud Adi Soemarmo melaksanakan peninjauan ke lokasi TMMD ke-106 di Desa Sangup, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, dan melakukan pengguntingan pita, tanda peresmian sekaligus penutupan TMMD, bersama pejabat TNI Polri, Pemda dan tamu undangan.
(Kapentak/nugie/me)


Posting Komentar

0 Komentar