Paving Blok Dari Sampah Plastik


Ketua Pengelola Bank Sampah Desa Gersi, Mani berhasil membuat paving blok dari bahan baku sampah plastik murni yang didapat dari hasil pemilahan sampah non organik di rumah - rumah warga (Ft: Rome)

"Inovasi dari pegiat lingkungan warga Desa Gersi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora ini patut diteladani dan ditindaklanjuti. Dorongan dan bantuan dari  pemangku kebijakan, untuk pengembangannya layak diberikan, sebagai solusi nyata mengurangi sampah plastik"

Lomba PHBS Kabupaten
BLORA, ME - Upaya dari Pemerintah Desa dan warga Desa Gersi dalam melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, yaitu dengan melakukan penanggulangan dan upaya pemilahan sampah rumah yang organik dan non organik di tiap rumah tangga. Membuat Desa Gersi ditunjuk mewakili Kecamatan Jepon, untuk maju dalam Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, bersama tujuh Desa yang lain, yang mewakili Kecamatannya masing - masing. Dalam penilaian yang dilakukan oleh Tim Juri dari DLH Blora, di Pendopo Balai Desa Gersi, pada Rabu (30/10/2019). Desa Gersi menampilkan upaya penanggulangan dan pemilahan sampah organik maupun non organik, menjadi produk yang bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan pelestarian lingkungan yang bersih dari sampah.

Pembuatan Paving Blok
Salah satu produk pemanfaatan dari kegiatan penanggulangan dan pemilahan sampah tersebut, adalah pembuatan produk material infrastruktur jalan berupa paving blok yang berbahan baku pasir dan sampah plastik murni, yang didaur ulang. Menurut Mani (50), anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) setempat, sekaligus Ketua Pengelola Bank Sampah, pihaknya melakukan terobosan atau inovasi yaitu membuat paving blok dari campuran pasir dan plastik murni.
"Kami membuat paving blok, dengan memakai plastik dari botol dan gelas minuman, yang kami cairkan dengan proses pemanasan kemudian dilebur ke dalam pasir hitam, dengan komposisi 1:1 untuk satu biji paving segi lima dengan tebal 6 cm ini," ungkapnya kepada media Monitor Ekonomi.

Kades Gersi, Dinal J Stark
Kades Siap Dukung
Sementara itu, di saat yang sama, Kepala Desa Gersi, Dinal Jimstark, sangat mengapresiasi dan mendukung inovasi warganya. Menurutnya, pengendalian sampah plastik dan pemilahan untuk dijadikan produk yang bernilai ekonomis bagi warganya perlu didorong.
"Saya lihat hasil pembuatan paving blok yang berbahan baku plastik dari sampah non organik ini, sangat efisien dan efektif untuk menanggulangi sampah yang ada, bahkan tidak akan cukup kalau dari Bank Desa ini, saya akan bekerjasama dengan Desa - Desa lain, kalau perlu dengan Dinas terkait, untuk pemenuhan bahan bakunya, namun sementara akan uji laboratorium dulu, kekuatannya berapa, memenuhi syarat atau tidak, dan kami akan bantu pengadaan alat cetak, operasional dan pembelian bahan bakunya, dengan anggaran dari Dana Desa tahun depan (2020)," paparnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar